Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Probolinggo Miliki Bromo, Bentar, dan Bremi

Kompas.com - 19/05/2012, 00:17 WIB
Kontributor Probolinggo, Ahmad Faisol

Penulis

KOMPAS.com - Jika Indonesia memiliki obyek wisata terkenal yang disingkat 3B yakni Borobudur, Bromo dan Bali maka Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, juga memiliki obyek wisata 3B yaitu Bromo, Bentar dan Bremi. Maka dalam liburan panjang kali ini, tak salah bila mencoba untuk mengunjungi ketiga tempat wisata tersebut.

Pesona Gunung Bromo sudah terkenal keindahannya hingga ke mancanegara. Setelah mengalami erupsi beberapa waktu lalu, pesona Bromo tak pernah lekang bahkan erupsinya pun sempat menjadi wisata baru. Tak heran dalam tiga hari terakhir, Bromo tetap ramai dikunjungi wisatawan.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Probolinggo, Tutug Edi Utomo, dalam tiga hari terakhir jumlah wisatawan yang berkunjung ke Bromo naik drastis. Sejak Selasa (15/5/2012) jumlah wisatawan mancanegara sebanyak 19 orang, dan wisatawan nusantara 174 orang.

Pada Rabu (16/5/2012), wisman sejumlah 60 orang, wisnus 1.314 orang. Sedikitnya 57 wisman dan 992 wisnus yang menikmati keindahan Bromo pada Kamis (17/5/2012). "Dalam beberapa hari ke depan, wisatawan diprediksi akan semakin bertambah," ujar Tutug kepada Kompas.com, Jumat (18/5/2012).

Tutug menambahkan, pihaknya tengah mengembangkan Desa Wisata Seruni di Desa Ngadirejo, Sukapura, sebagai tambahan obyek wisata. Di sana, wisatawan bisa menikmati keindahan tambahan selain sunset dan sunrise Bromo, yakni wisata kuliner dan kultur suku Tengger.

Sementara di obyek wisata Pantai Bentar di Kecamatan Gending, wisatawan bisa menikmati wisata bahari. Wisatawan dihidangkan dengan pemandangan pantai dan bisa menikmati langsung dengan menaiki kapal.

"Di Bremi, tiap pekan ada kunjungan paket wisata oleh wisatawan. Di sana, wisatawan akan dimanjakan dengan air terjun, Bremi Miniland dan agrowisata kopi yang segar. Agrowisata itu tengah kita ujicobakan," paparnya.

Pemkab Probolinggo, lanjut Tutug, hingga kini masih belum memiliki agrowisata resmi. Namun sudah ada dua lokasi yang sedang digarap untuk menjadi agrowisata, yakni di sekitar Gunung Bromo berupa agrowisata gubis, kentang dan arbei. Satu lokasi lagi berada di Bremi dengan agrowisata kopi yang potensial menjadi agrowisata permanen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com