Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur Bali: Jaga Kelestarian Subak

Kompas.com - 22/05/2012, 15:10 WIB

DENPASAR, KOMPAS.com — Gubernur Bali Made Mangku Pastika meminta semua pihak dapat menjaga kelestarian subak dengan berbagai upaya, terkait dengan telah ditetapkannya sebagai Warisan Budaya Dunia  oleh UNESCO. "Saya kira bagus dengan pengakuan itu. Kita semua wajib menindaklanjuti dengan menjaga melalui berbagai usaha, baik secara kelembagaan, peraturan, dan pendanaan," kata Pastika di Denpasar, Bali, Selasa (22/5/2012).

Dengan demikian, menurut Pastika, maka akan menjadi upaya serius untuk benar-benar mampu menjaga warisan yang sudah diakui oleh dunia itu.

Adapun upaya yang dapat dilakukan pemerintah daerah, kata mantan Kapolda Bali ini, bisa dilakukan dengan penambahan anggaran, ataupun nanti dijabarkan dalam bentuk peraturan gubernur sebagai tindak lanjut adanya ranperda subak yang sedang masih dalam tahap pembahasan.

Gubernur Bali melanjutkan, pihaknya juga akan mengkaji kemungkinan dibentuknya suatu lembaga perlindungan khusus untuk subak.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali I Ketut Suastika mengatakan hal senada bahwa penetapan sistem budaya subak oleh UNESCO memerlukan dukungan pelestarian lahan pertanian dari semua pihak agar tetap berkelanjutan.

"Dengan pengakuan ini, memang sebagai daerah pariwisata akan menambah daya tarik daerah kita, hanya saja sekaligus menjadi tantangan untuk pelestarian lahan subak itu sendiri melalui regulasi dan dukungan masyarakat," katanya.

Terkait dengan tantangan terjadinya alih fungsi lahan pertanian, Suastika mengharapkan ada langkah strategis dan terintegrasi dengan berbagai sektor, termasuk sektor pariwisata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com