Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pacu Sampan di Pantai Carocok

Kompas.com - 10/06/2012, 12:12 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

KOMPAS.com – Pantai yang satu ini terletak hanya 15 menit dari pusat kota. Letaknya yang begitu strategis menjadi tempat wisata favorit penduduk setempat. Pantai Carocok, sebutan yang melekat pada pantai di Painan, ibu kota Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

Sesuai namanya, pantai tersebut berada di sebuah teluk. Carocok berarti teluk. Garis pantainya panjang namun menjorok ke dalam. Lalu ada dua buah dermaga yang menjadi tempat bersantai menikmati pemandangan.

Sementara itu, latar belakang berupa bukit-bukit hijau seakan menjadi pagar dari pantai. Membuat panorama semakin cantik. Jika biasanya pantai memiliki pemandangan laut lepas, Pantai Carocok memiliki pemandangan laut dengan perbukitan.

Setiap tahunnya, di Pantai Carocok menjadi tempat pacu sampan atau balap perahu. Biasanya pacu sampan berlangsung di bulan Juni. Sampan didayung oleh 12 laki-laki. Lalu dua sampan pun berhadapan, berpacu dengan cepat ke titik finis. Sementara riuh penonton di dermaga memberi semangat para pendayung.

Menurut Bupati Kabupaten Pesisir Selatan, Nasrul Abit, Pantai Carocok merupakan salah satu daya tarik wisata di Kabupaten Pesisir Selatan. Apalagi pantai tersebut sangat mudah dijangkau dari kota Painan, ibu kota Pesisir Selatan.

Di akhir pekan dan musim liburan, pantai ini akan ramai dipadati pengunjung. Nasrul mengungkapkan dalam akhir pekan, pantai tersebut ramai didatangi pengunjung. Garis pantainya yang lumayan panjang memungkinkan bagi banyak orang untuk bersantai di pantai ini. “Wisatawan bisa naik banana boat sampai jetski. Kalau hari Sabtu dan Minggu, pengunjung bisa sampai 2.000 orang,” kata Nasrul.

Di pantai tempat dermaga, banyak warung yang menjual aneka makanan untuk pengunjung. Namun, karena letaknya ditutupi perbukitan, pengunjung tidak dapat melihat matahari terbit maupun matahari terbenam.

Aneka sampan tradisional banyak berlabuh di tepi pantai. Nah, jika berkesempatan mampir di pantai ini, jangan lupa berfoto dengan sampan-sampan cantik tersebut. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com