Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanah Lot Siap Sambut Wisatawan

Kompas.com - 13/06/2012, 13:20 WIB
Ayu Sulistyowati

Penulis

TABANAN, KOMPAS.com- Obyek wisata andalan Pulau Dewata, Tanah Lot, di Desa Beraban, Kabupaten Tabanan, mulai bersiap menjelang liburan sekolah tahun ini. Lokasinya dekat, sekitar 30 menit dari Pantai Kuta, Kabupaten Badung.

Tanah Lot ini mengandalkan panorama enam Pura yang terdapat di area seluas 3.600 m2 itu. Pura Luhur Tanah Lot yang paling memesona karena berdiri di atas batu karang besar dengan deburan ombak yang menawan.

Rata-rata per hari kunjungan wisatawan asing maupun domestik bisa lebih dari 1.000 orang. Pengalaman sebelumnya, jika liburan sekolah tiba bisa mencapai 10.000 orang per hari.

Cukup membayar tiket Rp 10.000 per orang dewasa domestik dan Rp 7.500 untuk anak. Sementara tiket wisatawan asing berbeda, yaitu Rp 30.000 per orang dan Rp 15.000 untuk anak.

Jika berminat menonton tari Kecak sambil menikmati panorama matahari tenggelam, pengunjung membayar tiket tambahan senilai Rp 50.000 per orang asing/domestik. "Ya kami terus berbenah untuk menambah kenyamanan pengunjung dengan nilai proyek sekitar Rp 1 miliar," kata Manajer Operasional Tanah Lot I Ketut Toya Adnyana, Rabu (13/6/2012).

Tahun lalu, pendapatannya bisa mencapai Rp 17 miliar, tetapi tetap bagi hasil ke pemerintah Tabanan sekitar 60 persen dan 40 persennya untuk masyarakat lokal Tanah Lod sebagai pengelola.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com