Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk, Menikmati Gulungan Ombak di Plengkung

Kompas.com - 15/06/2012, 08:27 WIB

KOMPAS.com - Terlintas untuk belajar menunggangi ombak selama akhir pekan ini? Tak perlu jauh-jauh mengunjungi Hawaii atau Australia untuk mencoba memecah ombak nan ganas. Banyuwangi memiliki Pantai Plengkung dengan gulungan ombak mencapai 6 meter dalam formasi 7 gelombang bersusun. Tak sabar menunggangi ombak pantai Plengkung? Contek dulu rencana perjalanan tim Weekend Yuk Kompas TV.

Jumat. Untuk menuju pantai Plengkung atau G-Land, jalur terdekat yang bisa Anda tempuh adalah menyeberang dari Pelabuhan Gilimanuk, Bali. Dalam hitungan 30 menit Anda sudah bisa tiba di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur. Perjalanan belum berakhir karena untuk menuju Pantai Grajagan, Anda harus melalui jalur darat selama 3 jam.

Setibanya di Pantai Grajagan, masih ada 15 menit lagi waktu yang Anda butuhkan untuk menyeberang ke Pantai Plengkung. Perjalanan menuju Pantai Plengkung memang melelahkan, tapi setibanya disana, semua lelah Anda akan terbayar lunas.

Sabtu. Berada di kawasan Taman Nasional Alas Purwo, membuat kawasan Pantai Plengkung masih dikelilingi dengan rimbunnya hutan. Tapi tak perlu khawatir mencari penginapan di Plengkung. Salah satu alternatif penginapan yang bisa Anda coba adalah Joyo’s Resort. Bagi pemula yang kebetulan belum mempunyai papan surf, bisa menghubungi pihak hotel untuk menyewa papan dan seorang trainer untuk mengajari Anda.

Ada beberapa spot yang bisa Anda pilih sebagai lokasi surfing anda. Kong, money tree, fan tgree, speedy, dan tiger track. Temukan keunikan masing-masing spot, dan tentukan mana yang menjadi favorit Anda.

Minggu. Bagi pemula yang ingin mencoba berselancar, cobalah untuk memilih spot tiger track. Untuk menuju spot tersebut, Anda harus menggunakan transportasi darat khas G-land, grandong. Rasakan sensasi terhempas ke kanan dan kiri. Seruuuu....!

Selain dihadiahi ombak yang cantik, para penghuni pantai ini tak kalah menawan. Tengok saja  bintang laut, kerang laut atau burung bangau yang sesekali berjemur di karang.

Siap berselancar? Saksikan program “Weekend Yuk” episode “Menantang Ombak Grajagan” di Kompas TV yang tayang pada Sabtu (16/6/2012) pukul 13.00 WIB. Anda juga bisa menontonnya di www.kompas.tv/live. Selamat menikmati akhir pekan Anda di Banyuwangi. Weekend Yuk! (Fitri Oktarini/Citrakalam Misiani/Desima Aritonang)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com