Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pulau Dodola, Mutiara di Bibir Pasifik

Kompas.com - 16/06/2012, 08:33 WIB
Kontributor Halmahera, Anton Abdul Karim

Penulis

MOROTAI, KOMPAS.com - Pulau Dodola terletak di bagian barat Pulau Morotai, daerah kabupaten di Maluku Utara di ujung utara Pulau Halmahera. Kepulauan Morotai dikenal sebagai daerah terluar karena letaknya di bibir pasifik. Karenanya, pemerintah daerah setempat menyebutkan Pulau Dodola sebagai mutiara di bibir pasifik. Alasan penyebutan Pulau Dodola sebagai mutiara di bibir pasifik lantaran pulaunya yang menawan.

Pulau Dodola memiliki karakteristik tersendiri. Sangat cocok dijadikan sebagai wisata pantai. Terdapat dua buah pulau kecil. Dodola kecil dan Dodola besar. Dua pulau ini dipisahkan oleh laut dengan jarak kurang lebih 500 meter. Yang membuat dua buah pulau kecil ini menjadi unik ketika air laut lagi surut. Betapa tidak, bibir pantai kedua pulau yang dihiasi pasir putih tersambung menjadi satu.

Hamparan pasir putih yang menawan memanjakan setiap mata yang memandangnya. Lagi pula, rentang waktu saat terjadi air surut cukup lama. Antara pukul 10.30 - 19.00 WIT. Selama itu, bagi Anda yang berkunjung ke Pulau Dodola dimanjakan dengan keindahan pantainya. Pasirnya putih, halus bagaikan tepung terigu. Pantulan terik mentari di atas hamparan pasir putih itu bahkan menyilaukan mata. Udara pantai yang sepoi justru membuat Anda terbuai saat bersantai menikmati keindahan pantainya. Belum lagi desiran ombak kecil yang menciptakan irama menambah keheningan Pulau Dodola. Susasana pantainya pun masih perawan.

Karena jauh dari pemukiman penduduk, sepanjang Pantai Pulau Dodola jarang dijumpai warga setempat. Hanya sesekali dihampiri para nelayan lokal yang berkepentingan di pulau ini. Kondisi ini membuat dataran pantainya tetap terjaga keperawanannya. Di pulau ini, telah dibangun fasilitas wisata seperti home stay dan sebagainya termasuk fasilitas kamar mandi.

Saat menikmati keindahan Pulau Dodola, jangan lupa memesan air kelapa muda dan pisang goreng. Karena disini juga tersedia bagi para pengunjung. Yang membuat pisang goreng di Pulau Dodola lebih enak karena sambalnya (dabu-dabu). Adonan rempah dapur ala Maluku Utara membuat Anda terlena mencolek pisang goreng pada dabu-dabu yang tersedia. Pisangnya pun terasa gurih sebab warga disana punya cara sendiri menggoreng pisang.

Banyak penduduk lokal yang memilih weekend di Pulau Dodola. Banyak pula wisatawan asing yang sering berkunjung ke Morotai, menyempatkan diri menginjakkan kakinya di pulau unik ini. Karenanya, banyak istilah bagi pendatang yakni 'Di Morotai Anda belum sampai di Morotai bila belum menginjakkan kakinya di Pulau Dodola'.

Transportasi

Menuju Pulau Dodola tidak terlalu sulit. Satu-satunya jalan hanya bisa ditempuh lewat laut. Ya, karena memang Pulau Dodola merupakan pulau kecil di bagian barat Pulau Morotai. Tepatnya di depan pusat ibukota Kabupaten, Daruba. Bagi Anda yang berada di daerah Jawa, bila ingin ke Morotai harus mampir di Ternate. Dari Ternate, setiap hari ada penerbangan komersial ke Morotai. Mudah kan?

Saat Anda yang berkunjung ke Morotai dan berkeinginan menikmati keindahan Pulau Dodola, cukup menyewa perahu. Ada beragam jenis perahu yang bisa disewa. Ada speed boat dan ada pula perahu nelayan yang sering disewakan bagi pendatang yang ingin berwisata di pulau-pulau kecil termasuk Pulau Dodola.

Soal tarif, Anda harus menyiapkan uang banyak. Sebab untuk menyewa speed boat saja, dipatok harga antara Rp 1 - 1,5 juta. Tergantung nego Anda dengan si pemilik speed boat. Disarankan sebaiknya Anda menyewa perahu nelayan karena sedikit murah. Bila anda beruntung, Anda hanya dibebankan membeli bahan bakar minyak (BBM) ditambah ongkos si motoris. Kirasannya antara Rp 250.000 sampai Rp 500.000 bisa Anda temukan. Tentunya, tergantung pula nego Anda dengan sang pemilik perahu.

Meski tergolong mahal, tarif speed boat sebetulnya tidak mengecewakan. Karena sekali Anda menyewa speed boat dengan tarif sebesar itu, Anda sudah dipaketkan berwisata di pulau-pulau kecil lainnya selain Pulau Dodola. Di sekitar Pulau Dodola, banyak sekali pulau-pulau kecil yang mengitarinya. Ada Pulau Zumzum yang memiliki wisata sejarah.

Di Pulau Zumzum, ada patung Jenderal Mc Arthur, panglima perang Amerika Serikat yang memimpin pasukan sekutu pada PD II semasa berpangkalan di Morotai. Ada juga Pulau Kolorai, Pulau Ngelengele, Pulau Galogalo dan sebagainya yang bisa Anda kunjungi setelah puas menikmati keindahan Pulau Dodola.

Sebab speed boat yang Anda sewa bisa melayani anda seharian dan bersedia mengantarkan Anda berkeliling antara deretan pulau-pulau kecil itu. Pulau-pulau ini juga memiliki keindahan pantai yang tak kalah pesona dengan Pulau Dodola. Jadi apa salahnya bila Anda berkesempatan berkunjung ke Morotai, tidak melupakan wisata pantai di Pulau Dodola dan sekitarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com