Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pulang Kantor, Langsung Berenang di Belitung

Kompas.com - 16/06/2012, 13:56 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

KOMPAS.com – Pantai berpasir putih dan biru gradasi hijau zamrud dari laut Belitung. Keelokan yang menawan. Panorama di depan mata begitu cantik serupa di kartu pos promosi destinasi wisata.

Pulau-pulau kecil yang bertebaran di sekitar Pulau Belitung memang elok apa adanya. Bayangkan setelah stres dengan kerjaan menumpuk di pagi hari, sorenya sudah berenang di hangatnya matahari Belitung. Sementara sejauh mata memandang hanya birunya laut.

Niscaya, segala beban pekerjaan lenyap seketika. Tubuh ibarat baterai yang kembali diisi. Bukan sekadar impian, akhir pekan ini nekat saja melancong ke Belitung yang berada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Sebelumnya, pastikan Anda telah memesan hotel, tempat Anda akan menginap. Jika tak memesan jauh hari, bisa-bisa Anda kehabisan kamar. Sebab, Belitung salah satu destinasi wisata yang padat dikunjungi di akhir pekan.

Bawa barang seperlunya. Dari kantor, tak perlu pulang, langsung arahkan ke bandara. Cukup bawa tas punggung berisi baju ganti, pakaian renang, perlengkapan mandi, dan obat-obatan pribadi. Jangan lupa krim anti matahari.

Jika Anda dari Jakarta, pastikan Anda mendapatkan tiket pukul 14.35 di hari Jumat. Hal ini berarti Anda harus mempersiapkan cuti setengah hari di hari Jumat.

Ada dua maskapai yang bisa Anda pilih untuk rute Jakarta-Tanjung Pandan. Harga tiket fluktuatif, mulai dari Rp 350.000 sekali jalan. Sudah siap “nyebur” di Belitung? Contek rencana perjalanan berikut.

Jumat. Dari Jakarta menuju Belitung, pesawat akan mendarat di Bandara HAS Hanandjoeddin di Tanjung Pandan, ibu kota Belitung. Jika Anda berangkat pukul 14.35, maka Anda sampai di Belitung sekitar pukul 15.35. Sebab waktu tempuh kurang dari satu jam.

Sesampai Anda di bandara, langsung arahkan perjalanan ke Tanjung Tinggi. Menuju pantai yang pernah menjadi lokasi shooting film fenomenal “Laskar Pelangi” tersebut bisa dengan naik ojek maupun taksi.

Agar lebih praktis, baiknya Anda menyewa mobil. Namun, jika Anda datang hanya sendiri atau berdua, sewa ojek seharian bisa menjadi alternatif yang lebih murah.

Siap terpana dengan bebatuan raksasa sebesar rumah di tepi pasir putih dan laut yang begitu bening. Langsung saja berenang sambil menikmati matahari terbenam.

Kelar menikmati matahari terbenam, lanjutkan dengan makan malam. Salah satu pilihan adalah makan malam di Pandan Laut atau Restoran Dynasty.

Setelah makan, barulah saatnya check-in di hotel tempat Anda menginap. Pilihan hotel sangat beragam, mulai dari hotel bujet sampai hotel berbintang, seperti Hotel Bahamas atau Lorin Hotel & Resort Belitung.

Sabtu. Mari bersenang-senang di tengah laut. Sebelum bersenang-senang, jangan lupa memesan perahu sewaan. Harganya mulai dari Rp 350.000 per hari tergantung banyaknya jumlah penumpang di dalam perahu.

Biasanya, setiap pengemudi perahu sudah tahu akan membawa tamunya ke pulau-pulau mana saja. Pertama adalah mampir ke Pulau Batu Garuda. Di tengah pulau terdapat batu berbentuk kepala garuda.

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com