Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Si Kecil Menikmati Perjalanan

Kompas.com - 19/06/2012, 21:12 WIB

KOMPAS.com - Anak-anak prasekolah dan usia sekolah dapat belajar mandiri dan bertanggung jawab atas dirinya dengan melakukan perjalanan. Namun tak sedikit orangtua yang enggan mengajak si kecil bepergian karena khawatir rewel sepanjang perjalanan.

Kekhawatiran ini tak dialami oleh ibu tiga anak, Dewi Widowati. Perempuan yang bekerja sebagai konsultan ini punya sejumlah kiat agar si kecil tak rewel saat bepergian namun justru menikmati pengalaman barunya melakukan perjalanan.

* Membiasakan anak mandiri.
Dewi membiasakan anak-anak melakukan berbagai tugasnya secara mandiri sejak dini. Seperti menyiapkan perlengkapan sekolah tanpa bantuan orangtua atau pengasuhnya. Kebiasaan mandiri tak hanya menjadi bekal bagi anak kelak, namun juga berpengaruh pada diri anak saat melakukan perjalanan. Anak-anak pun akan lebih mudah menikmati perjalanan karena tak harus selalu bergantung pada orangtuanya atau orang dewasa di dekatnya.

* Pilih tujuan wisata yang tepat.
Kalau si kecil terbiasa mandiri, Anda tak sulit mengajaknya bepergian ke mana saja. Namun, agar si kecil lebih nyaman saat traveling, sebaiknya Anda juga memilih tujuan wisata yang tak terlalu jauh serta tidak memiliki perbedaan iklim yang terlaly ekstrem dari tempat tinggal Anda saat ini. 

Dengan begitu, si kecil masih tetap bisa menyesuaikan diri. Sekaligus juga memudahkan si kecil dalam berkemas berbagai keperluannya. Karena dengan mengunjungi tujuan wisata yang tak berbeda jauh dengan kondisi lingkungan tempat tinggalnya, ia pun bisa lebih mudah menyiapkan pakaian dan berbagai kebutuhan sehari-hari.

* Pastikan asupan makanan tercukupi.
Makanan perlu menjadi perhatian. Pastikan si kecil mengasup makanan yang cukup. Ingatkan juga si kecil untuk makan pada waktunya.

"Biasanya saat traveling, anak-anak terlalu senang, apalagi jika banyak permainan. Waktu makan pun jadi mundur. Di sini peran orangtua penting untuk memastikan asupan makanan si kecil," jelas Dewi kepada Kompas Female di sela kegiatan Superkids Trip to Singapore diadakan Garuda Indonesia 15-17 Juni 2012.

Agar si kecil tetap fit dan nyaman sepanjang perjalanan, Dewi juga biasanya menyiapkan vitamin dan obat-obatan sebagai langkah antisipatif.

* Permainan untuk menjaga mood.
Bagaimana pun anak-anak belum sepenuhnya mampu mengontrol suasana hatinya. Untuk menjaga agar mood si kecil selalu positif, perlu peran orangtua. Salah satunya, menyediakan permainan juga memilih tempat wisata yang menyediakan ragam permainan agar anak tak mudah bosan.

"Mengembalikan mood anak itu susah, jadi perlu permainan yang bikin anak tak bosan sepanjang melakukan perjalanan," ungkapnya.

Dengan kemandirian si kecil, dan berbagai kebutuhan terpenuhi, anak-anak pun lebih nyaman bertualang mencari pengalaman baru dan berbeda dari perjalanan yang dilakukannya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com