Rabu, 26 November 2014

News / Bisnis & Keuangan

PEREKONOMIAN GLOBAL

Peringkat Bank Dipangkas, Ekonomi AS Memburuk

Jumat, 22 Juni 2012 | 09:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga pemeringkat Moody's memangkas peringkat bank-bank besar dunia. Data-data terbaru juga menunjukkan pemburukan perekonomian Amerika Serikat.

Kemarin Moody's memangkas peringkat utang 15 bank besar dunia. Bank terbesar kedua di Swiss - Credit Suissee bahkan terpangkas 3 level, Morgan Stanley terpangkas 2 level, dan 13 bank lainnya 1 level. Bank-bank tersebut dinilai mempunyai eksposur terutama derivative yang rentan dan berisiko yang bisa menimbulkan kerugian besar pada kegiatan pasar modal. Akibat pemangkasan ini bank-bank tersebut membutuhkan tambahan kewajiban kolateral.

Menurut ekonom Samuel Sekuritas Indonesia, Lana Soelistianingsih di Jakarta, Jumat (22/6/2012), turunnya peringkat bank-bank besar global ini mengindikasikan masih tingginya risiko di pasar keuangan global. Tanda-tanda pelambatan perekonomian di Amerika Serikat juga semakin serius. Penjualan 'existing homes" turun 1,5% mom pada bulan Mei, menjadi 4,55 MEnurut Lana, di luar dugaan para analis, general economic index yang dikeluarkan oleh bank sentral Philladelphia juga mencatat penurunan menjadi minus 16,6 pada Juni dari minus 5,8 pada Mei, dari perkiraan naik menjadi nol.

Data lainnya menunjukkan lebih banyak orang Amerika yang mengisi formulir unemployment benefit di awal minggu sebagai indikasi naiknya jobless claims. Beberapa berita negatif dari AS ini akan membuat sentimen investor memburuk.


Penulis: Robertus Benny Dwi Koestanto
Editor : Fransiskus Sarong