Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Abad Letusan Tambora Diperingati 2015

Kompas.com - 25/06/2012, 19:18 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Bersiaplah untuk memperingati letusan Gunung Tambora yang terletak Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB). Menurut Kepala Dinas Pariwisata NTB Lalu Gita Aryadi, pihaknya tengah mempersiapkan acara peringatan tersebut.

“Di tahun 2015, kami akan mengadakan peringatan dua abad letusan Gunung Tambora. Saat ini tengah dipersiapkan,” kata Gita pada saat jumpa pers Lombok Sumbawa Pearl Festival 2012 di Gedung Sapta Pesona Jakarta, Senin (25/6/2012).

Ia menjelaskan letusan Gunung Tambora pada saat itu mampu mengubah iklim dunia. Selain itu, Pulau Sumbawa merupakan lokasi strategis secara aksesibilitas antar pulau.

“Sumbawa ini strategis. Sebelah timurnya ada Pulau Komodo. Sumbawa ke depan akan jadi bahan pembicaraan dunia dengan Gunung Tambora dan Pulau Moyo,” tuturnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur NTB Badrul Munir, mengungkapkan saat ini NTB tengah mempromosikan Visit Lombok Sumbawa. Puncak kunjungan wisata tersebut ada di tahun 2012.

“Kami menargetkan kunjungan 1 juta wisman. Dalam kurun waktu 6 bulan, kunjungan sudah mencapai 600 ribu orang,” kata Badrul.

Di musim liburan ini, menurut Badrul, pesawat menuju Mataram penuh terisi, begitu pula dengan hotel-hotel. Sedangkan Gita mengatakan bahwa sejak NTB menjadi destinasi MICE, hotel-hotel selalu terisi penuh, begitu pula dengan pesawat.

Badrul juga mengungkapkan pihaknya malah semakin senang jika Bali semakin gencar berpromosi. Sebab, NTB pasti “kecipratan” limpahan turis dari Bali.

Secara data, NTB memiliki 40 hotel berbintang dan 744 hotel melati. Sedangkan kunjungan wisatawan ke NTB di tahun 2011 berjumlah 364.196 wisman dan 886.880 wisnus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com