Kepala Perempuan Belgia Ditemukan di Himalaya - Kompas.com

Kepala Perempuan Belgia Ditemukan di Himalaya

R. Adhi Kusumaputra
Kompas.com - 26/06/2012, 22:17 WIB

KATHMANDU, KOMPAS.com — Polisi Nepal, Selasa (26/6/2012), melakukan investigasi setelah kepala perempuan Belgia ditemukan di kawasan trekking Himalaya.

Debbie Maveau (23) hilang selama sepuluh hari sebelum tubuhnya ditemukan pada 14 Juni dalam kondisi mengenaskan di kawasan pendakian di Taman Nasional Langtang di perbatasan Tibet.

Inspektur Bhakta Sunuwar dari kepolisian Nepal kepada AFP mengatakan, kepala Debbie ditemukan sekitar 13 inci dari lokasi penemuan tubuhnya. Polisi belum mendapatkan titik terang apakah perempuan Belgia itu dibunuh seseorang yang dia temui sebelum pendakian.

Sunuwar menyebutkan, perampokan dan pemerkosaan diduga bukan motif pembunuhan ini karena celana dalamnya masih utuh. Kamera dan uang tunai senilai 8.000 rupee (setara dengan 93 dollar AS) juga tidak diambil.

"Masyarakat setempat tidak mendukung penyelidikan. Setiap orang di kawasan itu mengatakan tidak melihat perempuan Belgia itu," kata Sunuwar.

"Kami menemukan bukti bahwa korban melakukan perjalanan dari Kathmandu menuju Dhunce dengan bus, tapi tak satu pun pengemudi di area itu memberikan konfirmasi sudah melihat korban," ujarnya.

Meningkatnya kriminalitas di kawasan Taman Nasional Himalaya di Nepal membuat Kedutaan Besar Amerika Serikat mengeluarkan peringatan agar pengunjung waspada jika melakukan trekking sendirian di kawasan itu.

Warga Amerika, Lena Sessions (23), melakukan hiking sendirian pada Desember lalu di Langtang ketika ia diancam seorang lelaki bertopeng dan membawa pisau. Namun, Lena berhasil kabur. Insiden serupa dialami perempuan Korea Selatan sepekan setelah itu di lokasi yang sama.

PenulisR. Adhi Kusumaputra
EditorRobert Adhi Ksp

Close Ads X