Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Weekend Yuk ke Berastagi

Kompas.com - 29/06/2012, 09:32 WIB

KOMPAS.com — Berastagi menjadi kebanggaan orang Medan. Nikmati secara langsung keelokan salah satu kota termahal di monopoli nasional. Berada di ketinggian 1.220 meter di atas permukaan laut, terbayang dong bagaimana sejuknya.

Belum lagi, kota yang terletak 70 km arah selatan Kota Medan ini menjadi gudangnya buah-buahan serta sayur-mayur yang supersegar. Tak mau ketinggalan, salah satu bangunan tertinggi di Indonesia juga ada loh di kota markisa dan jeruk manis ini. Siap berkeliling Berastagi? Eits, jangan lupa membawa bekal agenda perjalanan tim Weekend Yuk ya....

JUMAT. Berendam sejenak untuk memulai akhir pekan Anda? Hmm... tampak menjadi ide yang menyenangkan. Sebelum sampai di Berastagi, putar kemudi Anda menuju pemandian air hangat di Desa Semangat Gunung, yang berjarak hanya 12 km dari Berastagi. Ingin mencoba pemandian air hangat tradisional? Tak jauh dari Desa Semangat Gunung, Anda bisa menemukan pemandian air hangat tradisional yang konon telah ada sejak berpuluh-puluh tahun yang lalu. Desa Lau Debuk-debuk.

Usai menghangatkan diri, lanjutkan perjalanan Anda menuju Taman Simalem Resort. Anda ingin menyaksikan hutan, gunung, kebun, seakan menyatu tanpa sekat pemisah, Taman Simalem Resort-lah tempatnya. Jangan lupa mencoba berbagai fasilitas yang disediakan, mulai dari penginapan, outbond, tracking menuju air terjun, berkeliling taman buah, sampai bermain golf.

SABTU. Mulailah pagi Anda di Taman Simalem Resort dengan menaklukkan taman labirin sepanjang setengah kilometer. Jangan sampai tersasar ya, dan Anda akan menemukan harta karun yang luar biasa indah.

Salah satu fasilitas terbaru yang menjadi favorit pengunjung adalah lapangan golf seluas 16 hektar. Dikelilingi kebun teh dan Danau Toba di hadapan Anda, dijamin Anda akan semakin jago mengisi 9 hole yang ada.

Tak berfoto ria di Pearl of Lake Toba Plaza, berarti kunjungan Anda di Taman Simalem Resort belumlah lengkap. Danau Toba dari ketinggian 500 meter, sungguhlah lukisan alam yang memesona.

MINGGU. Bagi pencinta buah-buahan, Berastagi-lah surganya. Anda bisa memborong markisa, jeruk manis, terong belanda, dan buah-buahan nan segar lainnya dengan harga yang murah di pasar buah Berastagi. Boleh menawar, tapi jangan kejam-kejam ya.

Tahukah Anda bahwa salah satu pagoda tertinggi di Indonesia ada di Berastagi? Ya, di Taman Alam Lumbini-lah tempatnya. Bangunan emas megah ini adalah replika Pagoda Shwedagon yang berada di Myanmar. Berkunjung ke pagoda ini, Anda benar-benar akan merasakan sensasi berada di Myanmar.

Masih ada satu lagi, destinasi wajib kunjung bagi Anda. Air Terjun Sipiso-piso. Perjalanan menuju Air Terjun Sipiso-piso memang cukup menguras stamina, tapi begitu Anda menyaksikan langsung keindahannya, dijamin Anda tak ingin beranjak pulang.

Siap memanjakan diri di Berastagi? Saksikan program "Weekend Yuk" episode "Menyusuri Lekuk Keindahan Tanah Karo" di Kompas TV yang tayang pada Sabtu (30/6/2012) pukul 13.00 WIB. Anda juga bisa menontonnya di www.kompas.tv/live. Selamat menikmati akhir pekan Anda di Tanah Karo. Weekend Yuk! (Fitri Oktarini/Citrakalam Misiani/Yoshef Wisnu)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com