Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berani Ketagihan Sambal Asam Ganja?

Kompas.com - 05/07/2012, 13:54 WIB

KOMPAS.com Sekali datang ke tempat ini, pasti Anda ketagihan. Rumah Makan Medan Baru yang bertipikal sajian ala Padang ini memang sangat populer di Jakarta.

Dari luar boleh saja rumah makan ini tampak sederhana. Namun, hal itu tidak membuat para pelanggan setianya berhenti datang ke sini. Kalau kita masuk ke dalam, wuih, penuh semua mejanya.

Di dalam cukup luas, ada ruangan yang ber-AC untuk yang tidak merokok dan non-AC untuk yang merokok. Begitu kita duduk, tidak sampai lima menit, para pelayan sudah menyajikan aneka menunya.

Ada Gulai Ayam, Kentang Balado, Sop Buntut, Daun Singkong, Dendeng, Rendang, Pepes Teri, dan masih ada beberapa menu lainnya. Namun belum lengkap rasanya kalau ke rumah makan ini tanpa makan Gulai Kepala Ikan dan Ayam Goreng.

Sebab, menu yang paling top di sini adalah dua hidangan tersebut. Ada dua menu lagi sebenarnya yang jadi favorit di tempat ini, yaitu Burung Punai Goreng dan Sambal Asam Ganja.

Menurut rumor yang beredar, di menu tersebut memang ada “bumbu rahasia”, tetapi tidak tahu apakah benar atau tidak. Walau memang ada menu Sambal Asam Ganja, entahlah apakah itu cuma nama atau benar ada ganjanya.

Pelayan yang saya tanyakan pun tidak menjawab. Dia hanya tersenyum manis dan bilang “macam-macam, Pak, isinya”. Jadi silakan Anda mencobanya sendiri. Namun memang, saya ketagihan dengan Sambal Asam Ganja di Medan Baru.

Rasa asamnya aduhai, enak banget untuk jadi teman makan lauk-lauk yang lain. Sambal Asam Ganja ini memang rasanya asam, ada udang dan cabe rawitnya. Pedas, asam, dan segar. Enak banget.

Seperti yang tadi saya katakan di atas, Gulai Kepala Ikan dan Ayam Goreng harus dipesan. Seporsi Gulai Kepala Ikan pas untuk berdua. Kuah gulainya kental dan gurih banget. Makan dengan menu ini pasti puas banget, rasanya mantapp! Bisa asik sendiri dengan si kepala.

Kalau saya pribadi senang sekali dengan Ayam Goreng ala Medan Baru. Ayamnya memang kecil-kecil, tetapi rasa bumbunya enak. Asinnya pas di lidah saya, meresap sampai ke dalamnya. Satu potong tidak cukup, saya bisa menghabiskan 2-3 potong.

Begitu pula dengan meja di sebelah saya, mereka hanya memesan Gulai Kepala Ikan dan Ayam Goreng. Coba deh santap Ayam Gorengnya dengan sambal hijau atau dengan Sambal Asam Ganja tadi. Yummy, tambah mantap rasanya. Atau, mau sambal merah untuk ayam goreng juga boleh. Sambal merah ini rasanya pedas manis.

Kesukaan saya selain Gulai Kepala Ikan dan Ayam Goreng adalah dendeng. Dendeng dimasak manis pedas dan dagingnya tidak alot sama sekali. Manis dan pedas! Mantap deh dendengnya.

Rumah Makan Medan Baru terletak di Jalan Raya Krekot Bunder 65, Pasar Baru, Jakarta Pusat. Harga untuk menu Gulai Kepala Ikan adalah Rp 89.500, sementara Ayam Goreng dibanderol Rp 14.000 per potong. Adapun dendengnya bisa dibeli dengan harga Rp 28.000 per porsi, dan Sambal Asam Ganja Rp 11.500.

Pokoknya, menu wajib kalau ke Medan Baru adalah Gulai Kepala Ikan, Ayam Goreng, Dendeng, Sambal Asam Ganja, Sambel Cabe Ijo, dan Jus Timun. Siapa yang belum pernah coba? Nah harus coba ke sini, dijamin bakal ketagihan. Selamat makan. (Ita)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com