Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival Layang-layang Internasional Digelar

Kompas.com - 07/07/2012, 11:26 WIB
Didit Putra Erlangga Rahardjo

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Bandung International Kite Festival 2012 digelar di Pangkalan Udara Sulaiman, Sabtu (7/7/2012). Festival yang untuk kali pertama digelar di Lanud Sulaiman ini diikuti 14 negara.

Acara digelar selama dua hari di kompleks landasan Sulaiman hingga Minggu (8/7/2012) dengan tema "One World One Sky One Peace". Peserta luar negeri meliputi China, Makau, India, Selandia Baru, Amerika Serikat, Jepang, Jerman, Singapura, dan Vietnam.

"Selama ini Kite Festival Pangandaran sudah menjadi calendar event komunitas layang-layang dunia. Karena tahun ini Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat tidak menyelenggarakan, maka kami berinisiatif untuk menyelenggarakan," ujar Lianawati, Ketua Umum Art Kite Indonesia yang juga Ketua Penyelenggara Bandung International Kite Festival 2012.

Bandung International Kite Festival 2012 akan melombakan tujuh kategori lomba. Selain layang-layang tradisional dan sport, juga dilombakan jenis dua dimensi (2D), tiga dimensi (3D), stuntcat, revolution, train, dan night flying.

Pada ekshibisi night flying, Minggu (7/7/2012) malam, tim dari Indonesia akan berkolaborasi dengan tim dari Vietnam dan Selandia Baru menerbangkan layang-layang ubur-ubur, ulat bulu, ikan pari, dan tom cat. Selain itu, Art Kite Indonesia juga akan menerbangkan maskot juara layang-layang internasional, Si Cepot, yang memiliki tinggi 15 meter dan diameter badan sepanjang tiga meter. "Wayang Si Cepot yang bulan lalu menjuarai Kite Festival Klantan akan diterbangkan keluarga besar dalang Sunandar Sunarya dari Padepokan Wayang Golek Giri Harja," ungkap Lianawati.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com