Selasa, 21 Oktober 2014

News / Regional

BALI

Ribuan Layang-layang Hiasi Langit Padang Galak

Jumat, 13 Juli 2012 | 16:01 WIB

DENPASAR, KOMPAS.com — Sebanyak 1.216 layangan ikut memeriahkan festival layang-layang tahunan di Pantai Padang Galak, Denpasar, Bali, yang dibuka Jumat (13/07/2012) siang tadi. Festival layang-layang yang akan berlangsung selama tiga hari ini melombakan sejumlah kategori, di antaranya layangan tradisional dan kreasi.

Dalam perlombaan hari pertama, lebih dari 100 layangan tradisional jenis bebean, janggan, dan cucukan menampilkan kebolehannya menari di udara. Seperti tahun-tahun sebelumnya, perlombaan layang-layang bebean atau layang-layang raksasa sejenis ikan ini berlangsung seru. Layang-layang berukuran 8 x 5 meter ini harus ditarik minimal lima pria dewasa dengan tali senar yang diameter tebalnya mencapai 0,4 sentimeter.

Yang menarik, sejumlah layang-layang sempat tersangkut karena jumlah yang terlalu banyak di lokasi yang terbatas. "Sering terjadi bandungan (beradu) dengan yang lain, tetapi tidak sampai ada perkelahian," ujar salah seorang juri lomba layang-layang, I Nyoman Wirna, kepada Kompas.com di sela lomba.

Untuk festival layang-layang tahun ini, hampir seluruh peserta berasal dari lima kabupaten/kota di Bali, yakni Denpasar, Gianyar, Badung, Tabanan, dan Klungkung. Selain warga lokal, festival layang-layang ini juga banyak disaksikan wisatawan asing yang sedang berlibur di Bali.

"Acara seperti ini sangat bagus, di negara saya juga ada, tetapi berbeda layang-layangnya," kata Cristopher, wisatawan asal Perancis yang membawa keluarganya untuk menonton festival layang-layang.


Penulis: Kontributor Denpasar, Muhammad Hasanudin
Editor : Farid Assifa