Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sail Derawan 2013 Berencana Hadirkan 500 Penyelam Senior

Kompas.com - 18/07/2012, 06:46 WIB
Dian Maharani

Penulis

BERAU, KOMPAS.com - Konsultan Sail Derawan Aji Sularso mengatakan pihaknya akan membuat Sail Derawan 2013 berbeda dari festival lainnya. Salah satunya memecahkan rekor dunia yakni menghadirkan 500 penyelam senior dengan usia di atas 50 tahun.

"Kita merancang akan menciptakan Guiness World Record penyelam usia di atas 50 tahun. Belum ada rekor dunia senior diver dengan jumlah 500 orang," ujar Sularso, Senin (16/7/2012).

Menurutnya pihak penyelenggara akan mengumpulkan 500 penyelam Indonesia maupun luar negeri. Dengan adanya rekor dunia ini diharapkan mampu mengangkat kawasan wisata Kepulauan Derawan di mata dunia.

Sail Derawan direncanakan berlangsung pada bulan Juni. Pada bulan itu merupakan musim terbaik untuk menyelam di Derawan. Adapun puncak acara akan berlangsung pada September, setelah Sail Komodo 2013.

Kegiatan lainnya yang direncanakan pada Sail Derawan nanti diantaranya lomba fotografi bawah laut, live aboard festival, dan york cruise.

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Mari Elka Pangestu menyatakan siap mendukung Sail Derawan 2013.

Ia berharap kegiatan ini dapat menyedot lebih banyak lagi wisatawan seperti target meningkatnya pengunjung di Kepulauan Derawan sebanyak dua kali lipat di tahun mendatang.

"Dua tahun kedepan kunjungan wisatawan ditargetkan dua kali lipat. Dengan infrastruktur kita harap siap. Mengenalkan Derawan seperti pada event Sail Derawan," ujar Mari saat mengunjungi Pulau Derawan, Senin (16/7/2012).

Sail Derawan menurut Sularso memang sebagai salah satu upaya untuk mempromosikan atau mengenalkan Derawan ke dunia luar. Selain itu ingin menjadikan kawasan tersebut itu sebagai ekotourism.

"Suatu kawasan dijadikan kawasan konservasi maka nilai wisatanya menjadi semakin mahal," terangnya.

Dirinya juga optimis pada tahun 2015 Derawan masuk dalam potensi destinasi wisata dunia. Salah satunya karena memiliki danau berair payau di Pulau Kakaban.

Danau ini merupakan habitat ubur-ubur tak bersengat, sehingga wisatawan dapat berenang bebas di danau tersebut.

Hingga saat ini, hanya tercatat dua pulau seperti ini, yakni di Pulau Kakaban, Kepulauan Derawan, Indonesia, dan di Pulau Palau, Kepulauan Micronesia di kawasan Tenggara Laut Pasifik.

"Derawan memiliki posisi yang sangat strategis dengan berada diantara negara tetangga. Derawan sangat layak untuk menjadi tuan rumah Sail Derawan 2013," ujar Sularso.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com