Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tomohon, Kota Bunga Nan Langka

Kompas.com - 19/07/2012, 16:43 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kota Tomohon yang dijuluki sebagai kota bunga, dipandang sebagai salah satu kota langka di Indonesia. Karena, Tomohon memiliki budaya bunga dan mempunyai potensi dalam mengembangkan florikultura.

"Ada beberapa daerah atau kota penghasil bunga, tetapi hanya Tomohon yang punya festival bunga," ungkap Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sapta Nirwandar pada peluncuran Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2012, di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, (18/2/2012) malam.

Menurutnya, bunga di Tomohon sebagai pariwisata maupun ekonomi kreatif. Sisi pariwisata dapat dilihat dari Tournament of Flower, sebuah parade bunga kendaraan hias, yang mulai diikuti oleh negara-negara tetangga.

"Festival ini menjadi ajang promosi bunga Tomohon dan bisa menjadi ikon Tomohon," tutur Sapta.

Menurutnya, Tomohon dapat mencontoh Belanda. Negara kecil tersebut menjadi salah satu pengekspor bunga terbesar di dunia. Salah satu andalannya adalah bunga tulip.

"Belanda mampu mengadakan festival bunga Floriade yang 10 tahun sekali," kata Sapta.

Ajang pameran Floriade tersebut diikuti oleh berbagai negara di dunia dan mampu menarik kunjungan wisatawan mancanegara. Bahkan, banyak biro perjalanan wisata menjual paket ke Belanda untuk melihat Floriade.

Sementara itu dari sisi ekonomi kreatif, bunga dapat memberikan kontribusi ekonomi. Apalagi bunga tak hanya dipandang sebagai bagian dari gaya hidup, tetapi juga bagian dari hidup yang berkualitas.

"Bahkan di negara-negara luar hotel tak ada bunganya dianggap tidak moderen," ungkapnya.

Oleh karena itu, ia berharap TIFF dapat ikut mempromosikan bunga Tomohon dan memberikan kontribusi pada perekonomian. Menurutnya bunga sebagai produk kreatif akan memiliki nilai jual yang lebih tinggi.

"Bunga potong mungkin murah, tetapi jadi punya nilai tambah ketika ditata dengan cantik," tuturnya.

Sehingga ia berharap adanya kesadaran restoran dan hotel terutama berbintang tiga ke atas untuk menggunakan bunga asli, bukan plastik. Ia juga berharap Tomohon bisa menghasilkan bunga-bunga untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.

"Rose (mawar) hasil kita masih kecil. Kita masih impor untuk kebutuhan MICE (meeting, incentive, convention, exhibition). Belum lagi untuk acara nikahan. Bayangkan jika diproduksi semua di Tomohon," jelasnya.

Tomohon International Flower Festival 2012 sendiri akan berlangsung pada 8-12 Agustus 2012. Di festival tersebut, pengunjung dapat melihat parade kendaraan hias dalam Tournament of Flower, kontes Ratu Bunga, pameran produk, serta festival seni dan budaya.

TIFF sendiri merupakan ajang dua tahunan. Di tahun 2010, acara ini diikuti 82 peserta dari negara Malaysia, Vietnam, India, dan Rusia. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com