Kamis, 2 Oktober 2014

News / Travel

Lima Pilihan Hotel di Bogor

Sabtu, 21 Juli 2012 | 08:31 WIB

Berita Terkait

KOMPAS.com – Dulu, hotel di Bogor menjadi tempat beristirahat sejenak dari kepenatan bekerja di Batavia, bagi orang-orang Belanda di masa pemerintah Hindia Belanda. Kini, hotel-hotel di Bogor berkembang pesat sebagai hotel MICE (meeting, incentive, convention, event).

Hotel-hotel berbintang di Kota Bogor biasanya menjadi tempat penyelenggaraan rapat dalam skala besar maupun kecil. Serta konferensi, sampai acara-acara resmi instansi pemerintah maupun swasta.

Jaraknya yang dekat namun memberikan suasana yang berbeda dari kota Jakarta, membuat perusahaan-perusahaan memilih kota ini sebagai tempat mengadakan acara kantor. Biaya pun jadi bisa ditekan.

Hotel bintang empat dan lima di kota ini pun pasti memiliki fasilitas pertemuan berupa meeting room sampai ballroom. Walau begitu, kota hujan ini tetap memberi daya pikat sebagai destinasi wisata.

Apalagi jumlah hotel tumbuh pesat di kota ini. Hal ini memberikan pilihan bagi pelancong beragam hotel dari jaringan hotel internasional maupun nasional, sampai hotel-hotel lokal berbintang. Lalu hotel mewah sampai hotel kelas melati.

Anda tinggal memilihnya sesuai lokasi, harga, dan kebutuhan. Namun pastikan Anda memesannya jauh-jauh hari. Sebab, jika Anda wisata akhir pekan di Bogor, bisa-bisa Anda tidak mendapatkan kamar hotel karena penuh. Berikut lima hotel di Kota Bogor rekomendasi Kompas.com.

Hotel Salak Heritage. Menyandang titel “heritage” di belakangnya bukan tanpa sebab. Hotel bersejarah ini memang salah satu hotel mewah pertama di Indonesia.

Ia telah hadir sejak tahun 1856 dan menjadi hotel bagi kalangan atas orang-orang Belanda. Dulunya, hotel ini menjadi tempat beristirahat bagi pejabat-pejabat kolonial yang sehari-harinya bekerja di Batavia (Jakarta).

Sampai saat ini, hotel bintang empat tersebut masih menjadi tempat menginap petinggi-petinggi negara maupun tamu-tamu negara yang berkunjung ke Bogor. Hotel ini berada di Jalan Ir. H. Juanda Nomor 8, Bogor.

Ada 7 tipe kamar yang dimiliki hotel ini mulai dari tipe Superior sampai Presidential Suite. Tersedia WiFi gratis di dalam setiap kamar. Sementara fasilitas lainnya termasuk kamar mandi shower atau bathtub standar hotel bintang empat.

Setiap kamar dilengkapi pendingin ruangan, perlengkapan mandi, televisi dengan channel internasional, dan mini bar. Kamar mandi shower maupun bathtub tersedia dengan air panas.

Harga kamar dibandrol mulai dari Rp 1.089.000 (nett) per malam. Namun di bulan puasa 2012 ini, pihak hotel menawarkan harga kamar mulai dari Rp 650.000 per malam sudah termasuk sahur atau sarapan.

Hotel ini juga memiliki berbagai fasilitas seperti kolam renang, pusat kebugaran, ruang pertemuan dan ballroom, serta salon dan spa. Secara lokasi, hotel ini dekat dengan Stasiun Bogor, tak sampai 10 menit perjalanan darat.

Aston Bogor Hotel. Secara lokasi, Aston Bogor Hotel & Resort sangat dekat dengan water park The Jungle. Pelancong bisnis sebenarnya sasaran utama hotel yang berkonsep sebagai hotel MICE. Namun, secara lokasi, hotel Aston Bogor pun cocok untuk keluarga.

Pelancong dapat menggunakan fasilitas rekreasi yang berada dekat hotel, mulai dari wahana air The Jungle, Bogor Bowling Center, Family Karaoke, Indoor Futsal, serta Orchard Walk yang menghadirkan berbagai pilihan restoran.

Hotel Aston Bogor memiliki 223 kamar dan kondominium dalam berbagai tipe, mulai dari satu hingga dua kamar tidur kondominium serta beberapa kamar suite.

Kamar mandi dalam bentuk shower atau bathtub, tentu tersedia air panas. Layaknya standar bintang empat, setiap kamar dilengkapi pendingin ruangan, perlengkapan mandi, televisi dengan channel internasional, dan mini bar.

Fasilitas lainnya meliputi ballroom ruang pertemuan kontemporer. Selain itu, terdapat juga pilihan fasilitas rekreasi di dalam hotel seperti, pusat kebugaran, Spa, dan kolam renang.

Tarif menginap per malam dibandrol Rp 978.000. Namun selama bulan Ramadhan di tahun 2012, Aston Bogor menawarkan kamar dengan harga Rp 688.000 (nett) per malam sudah termasuk sahut atau sarapan.

Aston Bogor berada di The Jungle-Bogor Nirwana Residence, Jalan Dreded Pahlawan, Bogor. Perlu waktu tempuh sekitar 15 menit dari Stasiun Bogor melalui perjalanan darat.

Mirah Hotel. Hotel bintang empat yang terletak di Jalan Pangrango Nomor 9A, Bogor ini, termasuk langganan tempat penyelanggaran pertemuan kantor, baik instansi pemerintah maupun swasta. Secara lokasi, hotel ini juga sangat strategis. Letaknya sangat dekat dengan Istana Bogor, bisa ditempuh kurang dari 10 menit perjalanan darat.

Apalagi di Jalan Pangrongo banyak restoran atau kafe yang menghidangkan menu-menu unik khas oleh-oleh dari Bogor. Sebut saja klappertaart dan apple pie. Jalan ke arah Jalan Padjajaran, dengan mudah ditemukan aneka toko factory outlet untuk berburu pakaian.

Hotel ini memiliki 140 kamar dengan tipe kamar mulai dari Superior sampai Presidential Room. Setiap kamar memiliki fasilitas standar bintang empat seperti pendingin ruangan dan kamar mandi shower atau bathtub dengan air panas. Internet via WiFi tersedia secara gratis di setiap kamar.

Tarif menginap per kamar Rp 738.000 per malam sudah termasuk sarapan. Selain itu, fasilitas lainnya yang disediakan adalah kolam renang dan kendaraan dokar untuk pelesiran bagi tamu.

Amaris Padjajaran. Hotel dengan konsep bujet dari jaringan hotel Santika tersebut berada di Jalan Padjajaran Nomor 25, Bogor. Jika Anda pernah menginap sebelumnya di hotel Amaris yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia, maka Anda dengan mudah mengenali fasilitas yang disediakan hotel tersebut.

Amaris Padjajaran memiliki 115 kamar yang seluruhnya memiliki akses internet via WiFi secara gratis. Tiap kamar juga memiliki televisi layar datar dan kamar mandi dengan shower air panas.

Sederhana namun bersih dan nyaman menjadi daya tarik Hotel Amaris. Harga kamar di Amaris Padjajaran mulai dari Rp 410.000. Namun selama bulan Ramadhan 2012, tarif per malam hanya Rp 375.000 (sampai dengan 12 Agustus 2012) sudah termasuk sahur atau sarapan.

Secara lokasi, hotel ini sangat dekat dengan mal Botanical Square. Juga, tak terlalu jauh dari Istana Bogor dan Kebun Raya Bogor, sekitar 15 menit perjalanan darat.

Papaho Hotel. Hotel ini menawarkan kamar dengan tarif murah. Walau murah, bukan berarti pelayanan maupun kamarnya murahan. Sebaliknya, konsep kamar yang minimalis tetapi dengan desain interior yang menarik dan modern. Di beberapa tipe kamar dibuat sentuhan etnik.

Begitu pula dengan kamar mandinya. Tersedia shower dengan air panas. Setiap kamar dilengkapi pendingin ruangan, televisi LCD dengan channel kabel, dan internet via WiFi secara gratis.

Tarif per kamar mulai dari Rp 198.000 per malam. Namun di waktu-waktu tertentu, harga bisa lebih murah, bahkan di kisaran Rp 100.000. Namun harga belum termasuk sarapan.

Ada banyak tipe kamar yang bisa dipilih. Mulai dari Mini Suite sampai Family Suite. Tipe paling standar cocok untuk pelancong sendiri sedangkan tipe Family Suite untuk pelancong bersama keluarga.

Lokasinya berada di Jalan Pangkalan Raya Nomor 8 Warung Jambu, Pajajaran, Bogor. Lumayan dekat dengan Terminal Baranangsiang dan Stasiun Bogor. Sekitar 15 menit perjalanan darat.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Penulis: Ni Luh Made Pertiwi F
Editor : I Made Asdhiana