Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilihan Penginapan di Raja Ampat

Kompas.com - 21/07/2012, 16:51 WIB
Icha Rastika

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Siapa tak kenal Raja Ampat? Kepulauan yang terletak di kepala burung Papua tersebut menyimpan keindahan taman laut dengan biota yang terlengkap dan terindah.

Pesona alam Raja Ampat seolah tak cukup jika dinikmati hanya sehari dua hari. Biasanya para wisatawan mancanegara maupun turis nusantara menginap beberapa hari di Kepulauan Raja Ampat untuk menjelajahi pulau-pulau yang tentunya menyimpan pesona tersendiri. Pasalnya, untuk mencapai Kepulauan Raja Ampat diperlukan waktu sekitar dua jam dengan mengendarai kapal cepat dari pelabuhan Usaha Mina, Sorong.

Biaya untuk menyeberang dari Sorong ke Raja Ampat pun terbilang lumayan. Dengan demikian waktu Anda akan terbuang jika bolak-balik Sorong-Raja Ampat tanpa menginap di Raja Ampat. Untuk menginap di Raja Ampat, ada sejumlah penginapan yang bisa Anda pertimbangkan.

Waiwo Dive Resort
Waiwo Dive Resort berlokasi di Ibukota Raja Ampat, Waisai, yang terletak di salah satu pulau terbesar, Pulau Waigeo. Penginapan berkonsep "lebih dekat dengan alam" itu terdiri dari 12 cottage yang bernuansa etnik Papua.

Setiap cottage diisi dua hingga tiga tempat tidur dan satu kamar mandi. Dinding dan lantainya yang terbuat dari kayu menciptakan suasana menginap yang teduh dan damai. Hanya saja, penginapan ini tidak dilengkapi dengan pendingin ruangan. Menurut pengurus resort, Berto Rahawarin, pihaknya sengaja tidak memasang pendingin ruangan untuk menciptakan suasana menginap yang alami. "Konsep di Waiwo itu dari hutan turun ke laut," ujarnya.

Waiwo Dive Resort seolah memadukan suasana pantai dengan harmoni hutan. Cottage di sana dibangun di bawah teduhnya pepohonan namun juga dekat dengan bibir pantai. Jika Anda menginap di sana, Anda akan dimanjakan dengan nyanyian burung dan parade musik serangga yang berpadu dengan deburan ombak. Terdapat restoran dan bar yang terpisah dari cottage dan letaknya tidak jauh dari bibir pantai.

Mengenai tarif menginap, pihak pengelola memasang harga berbeda untuk turis mancanegara dan turis nusantara. Untuk wisatawan asing, dikenakan tarif Rp 550.000 per orang per malam sedangkan turis nusantara Rp 450.000 per orang per malam. Sementara untuk anak-anak, lanjutnya, cukup membayar setengah harga. "Termasuk susu, dan tiga kali snack," kata Berto.

Selain penginapan, Waiwo Dive Resort menyediakan fasilitas menyelam, snorkeling, dan memberi makan ikan di dermaga Waiwo. Tersedia dua paket menyelam. Pertama, untuk 1-4 kali menyelam dengan harga Rp 550.000 sekali menyelam. Kedua, untuk 5-8 kali menyelam dengan harga Rp 450.000 sekali menyelam. "Harga itu sudah termasuk dengan alat selam, pemandu, minimal menyelam dua kali sehari," tambah Berto.

Sementara untuk snorkeling, katanya, cukup membayar Rp 50.000 seharian.

Untuk mencapai Waiwo Dive Resort, Anda dapat menggunakan mobil atau ojek dengan perjalanan sekitar 20 menit dari dermaga Waisai, Ibukota Raja Ampat.

Raja Ampat Dive Lodge (RADL)

Raja Ampat Dive Lodge atau yang biasa disebut RADL terletak di Pulau Mansuar, Kepulauan Raja Ampat. Penginapan yang cukup ternama di Raja Ampat ini menyajikan nuansa etnik Bali di tengah suasana hutan tropis dan pantai pasir putih Raja Ampat. Memasuki RADL dimulai dari dermaga kecil yang dihubungkan dengan jembatan kayu panjang menuju pintu masuk penginapan.

Dari dermaga Anda dapat menikmati pemandangan pulau yang tertutup hutan tropis hijau berpadu dengan birunya air laut yang jernih. Sepanjang perjalanan dari dermaga menuju pintu masuk penginapan, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan bawah laut Raja Ampat. Koral dan ikan beraneka warna tampak dari atas permukaan laut. Pasir pantai yang mengelilingi RADL juga aman untuk bermain anak-anak.

Penginapan yang didominasi turis Amerika itu memiliki 27 ruangan yang terdiri dari 20 bungalow, dan 7 ruangan standar. Untuk bungalow, tarifnya terbagi tiga, yakni single 165 dollar AS per malam, double 230 dollar AS per maLam, dan triple 315 dollar AS per malam. "Sudah lengkap dengan makan," kata Inya, pengurus RADL.

Sementara untuk standar room, dikenakan tarif 190 dollar AS per malam dengan double bad, sementara single 125 dollar AS per malam. "Anak-anak 9-12 tahun, diskon 40 persen, 5-9 tahun, diskon 50 persen, dan bayi, gratis," tambah Inya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com