Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejumlah Lokasi di Jabar Masih Dalam Perbaikan

Kompas.com - 25/07/2012, 09:57 WIB

PURWAKARTA, KOMPAS.com - Hingga Selasa (24/7/2012), sejumlah lokasi di jalur mudik di Kabupaten Purwakarta dan Karawang, Jawa Barat, masih dalam perbaikan. Namun, instansi terkait menjanjikan semua ruas siap dilintasi setidaknya pada 10 hari sebelum hari raya Idul Fitri atau H-10.

Informasi yang dihimpun Kompas menyebutkan, lokasi perbaikan itu, antara lain, di jalur pantura ruas Klari-Purwasari di Kabupaten Karawang. Pekerja masih mengeruk aspal dan beton lama untuk dipadatkan dan diaspal kembali. Satu jalur sepanjang sekitar 1,5 kilometer di ruas tersebut ditutup karena dalam perbaikan.

Perbaikan juga berlangsung di Jalan Raya Bungursari yang menghubungkan jalur pantai utara (pantura) Jawa Barat dengan jalur tengah Sadang-Kalijati-Subang. Pekerja menambah lapisan aspal dan menambal sulam beberapa titik lubang jalan.

Kepolisian Resor Purwakarta dan PT Kereta Api Indonesia (KAI) mulai mengintensifkan pemeriksaan jalur kereta di ruas Ciganea-Sukatani. Ruas di jalur kereta Jakarta-Bandung itu rawan longsor dan kerap jadi sasaran pencuri komponen rel. Dalam beberapa pekan terakhir, 2.070 meter rel tak layak dan 5 bantalan diganti untuk mengantisipasi kecelakaan.

Kepala Bagian Operasi Kepolisian Resor Purwakarta Komisaris Ridwan Efendi menugaskan 13 personel khusus untuk membantu pengamanan di Stasiun Purwakarta. Bersama sejumlah petugas dari PT KAI, mereka nantinya bertugas mengamankan jalur kereta dan semua fasilitas dari gangguan pencurian.

Selama Januari 2012, menurut data PT KAI Daerah Operasi II Bandung, terjadi tiga pencurian di ruas Purwakarta-Ciganea-Sukatani. Komponen yang dicuri, antara lain, besi penambat rel atau penroll, besi pengaman jalur, serta baut dan gongsol tikungan. Sekitar 1.500 dari 2.000 penroll yang dipasang selama tahun 2011 hilang.

Jalur kereta di Kilometer 108 antara Stasiun Ciganea dan Stasiun Purwakarta juga rawan longsor. Keberadaan lokasi galian pasir di titik tersebut dikhawatirkan bisa mengganggu perjalanan kereta api dari Bandung menuju Jakarta atau sebaliknya. Selain jarak dari lokasi galian menuju rel hanya 50-70 meter, lokasi tersebut juga berada di zona kerentanan tanah antara sedang dan tinggi yang rawan longsor. (MKN)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com