Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gurihnya Serabi Pakai Oncom

Kompas.com - 06/08/2012, 19:08 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

KOMPAS.com – Buka puasa sudah tentu dinikmati dengan hidangan manis. Bila Anda kebetulan berada di kota Bogor, Jawa Barat, serabi sudah pasti menjadi pilihan. Di Jalan Sukasari 1, tepat di pertigaan menuju Jalan Pajajaran, sebuah warung pinggir jalan penjual serabi selalu ramai didatangi pembeli. Menjelang jam buka puasa, pembeli biasanya beli serabi untuk dibawa pulang.

Namun, tepat di jam buka puasa, meja dan kursi dipenuhi pembeli yang ingin menyantap serabi di tempat. Apa istimewanya? Ternyata serabi di Kedai Serabi menjual berbagai rasa, sebut saja seperti rasa durian, oncom, ayam, sosis, pisang, nangka, dan banyak lainnya.

Ada 63 rasa serabi. Bisa sebanyak itu karena tiap bahan utama dicampur dengan bahan lain. Sebut saja serabi durian, variasinya menjadi banyak karena dapat dicampur dengan cokelat, keju, ataupun mayonaise, sosis, sampai telur.

Cara memasak serabi masih tradisional. Dengan periuk tanah liat dan dipanggang dengan bara api. Hasilnya adalah serabi yang lembut hingga ke dalam dan sedikit aroma hangus dari bara.

Mari cicipi serabi rasa durian keju. Rasa duriannya tak terlalu nendang, terutama jika Anda penggemar berat durian. Durian yang dioleskan ke atas serabi semacam selai durian. Daging durian dicampur berbagai bahan menghasilkan selai yang manis.

Tentu masih tertinggal durian asli, walau hanya sedikit. Dari daging durian inilah, aroma durian masih bisa terasa. Secara keseluruhan, serabi yang cenderung terasa polos dengan selintasan gurih, diperkuat oleh asinnya keju serta manisnya selai durian.

Perpaduan gurih dan manis yang pas di mulut. Sebagai teman makan serabi durian keju ini, baiknya pilih minuman teh tawar ataupun minuman yang tak terlalu manis.

Coba juga serabi rasa oncom. Salah satu yang menarik adalah serabi oncom mayonaise. Ini ibarat menu perpaduan barat dan timur. Oncom yang merupakan olahan tempe khas Sunda, dipadu dengan mayonaise ala barat.

Mayonaise yang dipakai menurut penuturan pelayan, ternyata buatan sendiri. Mayonaisenya pun lebih dominan rasa legit dibanding gurih. Rasa mayonaise yang unik ini malah cocok berpadu dengan oncom yang gurih dan agak pedas. Kata enak pun layak disandang serabi oncom mayonaise.

Pilihan lain bisa juga cicipi serabi oncom telur.Sepintas tampilannya seperti telur dadar. Ternyata saat memasak serabi, telur langsung dituang ke atas serabi, begitu pula dengan oncom. Rasanya pun seperti telur dadar isi oncom. Selain serabi, kedai ini juga menjual colenak dan roti bakar.

Nah, mau coba serabi khas Bogor ini? Tak perlu meroogoh kocek sampai di atas Rp 10.000. Serabi durian keju cukup dinikmati dengan harga Rp 8.000. Sementara serabi oncom mayoinase cukup dengan Rp 5.000. Cocok sebagai menu takjil di bulan puasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com