Sabtu, 1 November 2014

News / Megapolitan

Jelang Lebaran, Harga Tiket Bus Ekonomi Membumbung

Kamis, 16 Agustus 2012 | 20:28 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Peraturan Kementerian Perhubungan telah menetapkan bahwa tarif tetap bus ekonomi Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) sesuai dengan KM 1 No 2009 mengenai batas tarif atas dan tarif bawah. Namun dari pantauan Kompas.com di Terminal Kalideres, Jakarta Barat, Kamis (16/8/2012), masih banyak ditemukan di lapangan mengenai harga tiket bus ekonomi AKAP yang terus melonjak.

Kenaikan harga ini dirasakan Saipul, warga asal Lampung. Dia mengaku biasa ke Lampung menggunakan bus ekonomi Putri Candi seharga Rp 85 ribu. Namun sekarang, harga tiketnya Rp 200 ribu. Meski berat, dia mengaku pasrah karena sudah terbiasa dengan kenaikan harga jelang Lebaran.

Selain itu ada Engkus (36), warga asal Kuningan, Cirebon, Jawa Barat. Dia biasa naik bus ekonomi dengan harga tiket Rp 35 ribu. Namun jelang Lebaran naik menjadi Rp 80 ribu.

Kepala Terminal AKAP Terminal Kalideres Hengky Sitorus mengatakan kenaikan harga tersebut sudah tidak normal. Jika dihitung sesuai harga tarif atas dan bawah ditambah dengan uang tol dan kenaikan harga mudik Lebaran sebesar 30 persen, itu sudah kelewat batas.

"Jika terjadi seperti itu seharusnya laporkan ke pihak terminal, posko-posko keamanan dan kepada petugas dishub yang ada. Kami akan berikan sanksi tegas," kata Hengky.

 

 


Penulis: Bima Setiyadi
Editor : Ana Shofiana Syatiri