Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jasa Marga: Puncak Mudik pada Kamis

Kompas.com - 18/08/2012, 15:29 WIB
Harry Susilo

Penulis

PURWAKARTA, KOMPAS.com- PT Jasa Marga mencatat sekitar 29.459 unit kendaraan keluar gerbang tol Cikampek, Jawa Barat, pada Jumat (17/8) atau H-2 yang diperkirakan sebagai puncak arus mudik. Pada Jumat siang hingga Sabtu dini hari, bahkan kendaraan yang keluar dari jalan tol Jakarta-Cikampek menuju pantura tidak bergerak.

Meski demikian, puncak arus mudik di gerbang Tol Cikampek sebenarnya sudah terjadi pada Kamis malam hingga Jumat pagi, di mana kendaraan yang keluar dari gerbang Tol Cikampek mencapai 34.770 unit.

Demikian data rekapitulasi PT Jasa Marga tentang kendaraan yang keluar di gerbang Cikampek yang diperoleh, Sabtu (18/8/2012). Data harian dihitung dari pukul 06.00 hari kemarin hingga pukul 06.00 hari berikutnya.

Kepala Sub Bagian Lalu Lintas PT Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek Cece Kosasih menyatakan, lalu lintas kendaraan pada H-2 (Jumat kemarin) tidak bergerak, sehingga transaksi di pintu keluar lebih sedikit dibandingkan sebelumnya.

"Di gardu kan hanya mencatat yang transaksi, bukan lalu lintas kendaraan yang ada. Jadi kalau kendaraannya tidak bergerak, yang lewat di gardu justru lebih sedikit," kata Cece.

Selain itu, menurut Cece, banyak kendaraan di dalam jalan tol Jakarta-Cikampek yang dialihkan di kilometer 66 akibat kemacetan panjang di jalur pantura.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com