Sabtu, 20 September 2014

News / Travel

Berharap Sandeq Race Berlayar hingga Pulau Jawa

Rabu, 5 September 2012 | 06:18 WIB

MAJENE, KOMPAS.com - Ajang lomba balap sandeq atau perahu layar tradisional khas suku Mandar tersebut berlangsung di tiga kabupaten di Sulawesi Barat.

"Kita harapkan Sandeq Race kita layarkan sampai ke Pulau Jawa kalau memungkinkan. Atau, kalau bisa ke Kalimantan," ungkap Gubernur Sulawesi Barat, Anwar Adnan Saleh, saat pelepasan sandeq di etape terakhir Majene-Polewali Mandar, di Majene, Selasa (4/9/2012).

Sebelumnya Anwar menuturkan rute Sandeq Race tahun ini dikecilkan. Lomba maraton perahu layar Sandeq Race sudah ada sejak tahun 1995. Berbeda dengan tahun ini, tahun-tahun sebelumnya rute Sandeq Race dimulai dari Mamuju, ibu kota Sulawesi Barat, sebagai titik start dan berakhir di Makassar, ibu kota Sulawesi Selatan, sebagai titik finis.

Namun, di tahun ini, Sandeq Race dimulai dari Mamuju dan berakhir di Polewali Mandar. Keseluruhan etape yang terdiri dari empat etape hanya melewati kabupaten-kabupaten di Sulawesi Barat.

Anwar menjelaskan bahwa memang sejak Provinsi Sulbar berdiri di tahun 2004 sebagai hasil pemekaran dari Sulsel, rute Sandeq Race selalu mengambil rute menjelajahi kedua provinsi tersebut. Pihaknya mengaku tak ingin mengecilkan fakta sejarah tersebut dengan memperpendek rute Sandeq Race di tahun ini.

"Ini terjadi kesepakatan kita dengan Gubernur Sulsel. Serta pemerintah yang di bawahnya lagi, yaitu Wali Kota Makassar," ungkapnya.

Selanjutnya, Anwar menjelaskan bahwa saat ini Sulsel tengah menghadapi proses pilkada. Sehingga, tambah Anwar, jika rute tetap dibuat sampai ke Makassar dikhawatirkan akan ada kebingungan siapa yang akan menjadi tuan rumah atau pihak yang mengurusi acara tersebut di Sulsel.


Penulis: Ni Luh Made Pertiwi F
Editor : I Made Asdhiana