Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nikmati Juga Hidangan Penutup

Kompas.com - 11/09/2012, 07:32 WIB

MENYANTAP kuliner bukan lagi persoalan memasukkan makanan ke mulut. Namun, ada hal lain yang ingin dicari oleh pengunjung, misalnya suasana yang menyenangkan, bersih, aman, nyaman, tenang, sejuk, dan pemandangan lanskap yang meneduhkan mata dan jiwa. Termasuk makanan penutupnya.

Makan tanpa hidangan penutup serasa kurang lengkap. Ibarat suatu masakan tanpa garam, hambar rasanya.

Banyak pilihan hidangan penutup, mulai dari puding, aneka buah, jus, serta es dalam berbagai rasa dan pesona.

Jika memilih menikmati hidangan laut di Restoran Telaga Seafood Bumi Serpong Damai (BSD) Serpong, Tangerang Selatan, pilihan bisa dijatuhkan pada es buah durian yang disajikan dalam mangkuk.

Aneka buah segarnya, ditambah potongan buah durian yang rasa dan baunya sangat menantang, cukup menggoda untuk dinikmati hingga tandas. Apalagi, sajian itu masih dibalut lagi dengan susu kental manis dan sirop yang menambah manis es yang penuh berwarna-warni karena potongan buah-buahan.

Menu hidangan penutup lain yang disajikan di antaranya es teler. Sajian es teler ini terdiri dari bongkahan es yang dipadukan dengan buah avokad, nangka, dan kelapa muda. Sebagai penambah rasa manis, ditambah gula cair dan susu kental manis.

Namun, jika masih penasaran dan ingin mencicipi hidangan penutup yang berbeda dari biasanya, cobalah jus sayuran. Sayuran yang dijus antara lain kangkung dan brokoli. Sayuran itu dihaluskan dengan blender, selanjutnya diberi sirup buah markisa, membuat rasa yang amat beragam menyatu dalam kelezatan asam, manis, dan sayur yang cukup melekat.

Namun, sebelum menikmati hidangan penutup, seusai makan makanan laut, sebaiknya mengonsumsi air putih terlebih dulu. Paling tidak, rasa makanan laut akan sedikit menyingkir sebelum menikmati makanan penutup. Jadi, tunggu apalagi. Makanan laut sudah menunggu, begitu pula hidangan penutupnya. (PIN)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com