Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perjalanan Menuju Sail Morotai

Kompas.com - 12/09/2012, 21:23 WIB
Andrean Kristianto

Penulis

MOROTAI, KOMPAS.com - Semarak Sail Morotai mulai terasa di Kota Ternate. Spanduk Sail Morotai yang bertemakan "Mutiara di Bibir Pasifik" sudah terlihat ketika kita ingin keluar dari Bandara Baabullah, Ternate, Maluku Utara. Bukan hanya di bandara, spanduk promosi dan dukungan terhadap Sail Morotai banyak terlihat di sudut kota Ternate hingga Tobelo.

Para wisatawan yang ingin mengunjungi acara Sail Morotai melalui Ternate, jika ingin menempuh perjalan ke Pulau Morotai harus menyeberang melalui pelabuhan kota baru menuju ke Kota Sofifi dengan biaya kapal Rp 50.000 per orang dengan waktu tempuh 30 menit. Lalu melanjutkan perjalanan menuju Tobelo menggunakan taksi dengan tarif Rp 90.000 per orang. Jika datang beramai-ramai bisa menyewa taksi tersebut dengan harga sekitar Rp 300.000 - Rp 500.000 dengan perjalanan 4-5 jam.

Perjalanan menuju Pulau Morotai belum selesai. Kita harus melanjutkan perjalanan lagi dari Tobelo menuju Pulau Morotai menggunakan speedboat dengan tarif Rp 100.000 selama 1,5 jam.

Setelah sampai para di Pulau Morotai, kita dapat menaiki ojek motor dengan membayar Rp 20.000 untuk sampai di tempat acara Sail Morotai 2012.

Sail Morotai adalah agenda untuk mempromosikan Pulau Morotai sebagai salah satu obyek wisata di Maluku Utara. "Kita harapkan Sail Morotai sebagai hamparan dari budaya hibualamo atau rumah besar yang akan semakin mengeratkan kebersamaan, persahabatan dari komponen budaya sehingga menjadi modal untuk membangun daerah dan masyarakat berbudaya," ujar Kadis Pariwisata Tobelo, Oce Papilaya, saat ditemui di kediamannya di Desa Gura, Tobelo, Rabu (12/9/2012).

Pulau Morotai dengan luas 695 mil persegi atau 1.800 kilometer persegi adalah nama sebuah pulau sekaligus kabupaten definitif baru yang terletak di Kepulauan Halmahera. Sebagai bagian dari Provinsi Maluku Utara, Morotai merupakan salah satu pulau paling utara di Indonesia. Kabupaten Pulau Morotai diresmikan oleh Menteri Dalam Negeri, Mardiyanto, pada 29 Oktober 2008, sebagai hasil pemekaran dari Kabupaten Halmahera Utara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com