Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menikmati Kopi Hangat di Pantai Menipo

Kompas.com - 15/09/2012, 20:05 WIB
Frans Sarong

Penulis

MENIPO, KOMPAS.com -- Menikmati kopi hangat di tepi pantai yang berpadu dengan deburan ombak Laut Timor hingga pagi dinihari, Sabtu (15/9/2012), seakan menyempurnakan sensasi petualangan di pulau mungil Menipo. Menariknya lagi, proses pembuatan kopi hangat itu langsung di bibir pantai menggunakan kompor trangia berbahan bakar spriritus.

Gundukan pulau mungil yang merupakan Taman Wisata Alam Menipo, berlokasi sekitar 120 km sebelah timur bagian selatan Kota Kupang. Kawasan itu termasuk dalam wilayah Desa Enoraen, Kecamatan Amarasi Timur, Kabupten Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Gundukan Menipo menyatu dengan daratan Timor saat pasang surut atau menjadi pulau tersendiri saat pasang naik. Kawasan Menipo seluas 2.449,50 ha, merupakan habitat sekitart 250 ekor rusa timor dan sejumlah satwa lainnya. Garis pantainya yang berpasir putih menjadi tempat penyu bertelur.

"Awalnya mau berkemah dan menghabiskan malam dalam kemah di puncak gundukan Menipo. Saya bersama sebagian tim memilih pindah ke bibir pantai agar lebih merasakan getaran energi alam," tutur Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam NTT, Wiratno.

Wiratno bersama jajarannya mengunjungi TWA Menipo, Jumat hingga Sabtu. "Mudah-mudahan berkesempatan menyaksikan penyu menepi dan bertelur," harap Alex Theuf, anggota Satuan Polisi Hutan Gerak Cepat BBKSDA NTT.

Ombak Laut Timor yang tak pernah lelah menderu, ketika kian larut seakan berubah menjadi senandung pengantar tidur dalam selimut sleeping bag, di bibir pantai yang langsung menghadap tepi utara Benua Australia itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com