Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sumbawa Serasa Colorado

Kompas.com - 20/09/2012, 06:05 WIB
Hery Prasetyo

Penulis

SUMBAWA, KOMPAS.com - Jajaran bukit gundul nan eksotis langsung menyambut peserta Jelajah Sepeda Bali-Komodo yang keluar dari kapal di Pelabuhan Pototano, Kecamatan Alas, Sumbawa, Rabu (19/9/2012). Secara otomatis, para peserta langsung sibuk berfoto, mengabadikan pemandangan indah itu. Bukit-bukit itu memang gersang, tapi justru memancarkan keindahan.

"Seperti memasuki Colorado (Amerika Serikat). Indah sekali ya, musti diulang, nih," demikian komentar salah satu peserta Jelajah Sepeda Bali-Komodo, Tjahya Gunawan.

Kekaguman yang sama diungkapkan peserta lain. Aristi, misalnya. Wanita dari Indonesia Long Distance Cyclist ini juga sangat ingin mengulang lagi. "Saya ingin mengulang lagi. Sayang kalau keindahan ini diniklmati sambil lewat," katanya.

Para peserta mengakhiri etape kedua di Alas, Sumbawa, setelah menempuh perjalanan 112 kilometer dari Senggigi, Lombok. Peserta lain juga berharap bisa mengulang perjalanan ini. Panas, tapi menawarkan banyak keindahan. Sebagian lain menyebut pebukitan di Alas, Sumbawa itu seperti Grand Canyon.

"Landscape bukit-bukitnya bagus. Ini aset wisata yang sayangnya belum tergarap dengan baik," lata Mujiyo, peserta lain.

Padang-padang gersang itu memang seolah meranggas. Namun, ternyata ada beberapa pengembala yang menggembalakan sapi dan kambing. Aktivitas itu menambah daya tarik tersendiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com