Kamis, 21 Agustus 2014

News / Travel

Komodo di Nusa Kode dan Gili Motang Rawan Musnah

Kamis, 20 September 2012 | 21:52 WIB

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Taman Nasional Komodo memiliki 80 pulau dari 264 pulau di wilayah Pulau di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Sebanyak 44 pulau dari 80 pulau yang masuk dalam Kawasan TN Komodo tersebar populasi komodo yang menjadi keunikan Kabupaten Manggarai Barat. Demikian dijelaskan Kepala TN Komodo, Sustyo Iriyono kepada Kompas.com di ruang kerjanya, Kamis (20/9/2012).

Populasi komodo, lanjut, Iriyono, terancam punah apabila di salah satu tempat terdapat 50 binatang purba tersebut. Namun, saat ini, di lokasi Nusa Kode dan Gili Motang masih terdapat populasi berkisar 90-100 ekor komodo.

Iriyono menjelaskan, populasi komodo yang menjadi kebanggaan Bangsa Indonesia pada umumnya dan Kabupaten Manggarai Barat pada khususnya masih banyak tersebar di Pulau Komodo dan Pulau Rinca, Kecamatan Komodo.

Menurut Iriyono, Kawasan TN Komodo dipertahankan keutuhannya karena sudah masuk dalam biosfer dunia, warisan dunia dan tujuh keajaiban dunia yang dilakukan oleh seluruh stakeholder di Manggarai Barat. Bahkan TN Komodo menjadi juara dari seluruh Taman Nasional di dunia karena Lembaga PBB, UNESCO sudah menetapkan TN Komodo dalam biosfer dunia, warisan alam dunia dan Tujuh Keajaiban Dunia Baru.

Iriyono menambahkan, dunia internasional sudah mengakui keberadaan TN Komodo yang memiliki keunikan karena warisan binatang purba komodo yang sangat langka di dunia.


Penulis: Kontributor Manggarai, Markus Makur
Editor : I Made Asdhiana