Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
PARIWISATA

UNESCO Akui Taman Bumi Batur

Kompas.com - 21/09/2012, 21:15 WIB
Didit Putra Erlangga Rahardjo

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan PBB (UNESCO) resmi mengakui Taman Bumi Batur sebagai Jejaring Taman Bumi Global (GGN) bersama warisan geologi lainnya di dunia. Dengan demikian, inilah taman bumi pertama di Indonesia yang mendapatkan pengakuan internasional.

Keputusan tersebut muncul dalam Konferensi Geopark Eropa ke-11  yang berlangsung di Portugal,  19-21 September. "Kabar ini baru saya terima tadi malam dari rombongan Badan Geologi yang ikut di sana," kata Kepala Badan Geologi Sukhyar, Jumat (21/9/2012).

Taman bumi yang masuk ke GGN dianggap memiliki bentang alam maupun nilai geologi yang signifikan. Taman Bumi Batur yang terletak di kawasan seluas 100 kilometer persegi di Kabupaten Bangli, Bali, hingga kini menjadi salah satu obyek wisata internasional maupun nasional.

Menurut Sukhyar, pihaknya dalam waktu dekat juga mengupayakan pendaftaran tempat lain untuk menjadi taman bumi yang terdaftar dalam GGN. Kandidat berikutnya paling kuat adalah Merangin, Jambi, karena kawasan tersebut memiliki fosil flora yang tidak ditemukan di tempat lain di Indonesia. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com