Yuk, Berwisata ke Air Terjun 5 Tingkat di Mengkang - Kompas.com

Yuk, Berwisata ke Air Terjun 5 Tingkat di Mengkang

Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol
Kompas.com - 22/09/2012, 14:47 WIB

MANADO, KOMPAS.com - Bagi pecinta wisata alam sekaligus penyuka tantangan trekking, Desa Mengkang bisa menjadi sebuah pilihan. Desa mengkang berada dalam wilayah administrasi Kecamatan Lolayan, Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara.

Desa ini menjadi penting letaknya karena berada di tengah-tengah Taman Nasional Bogani Nani Wartabone. Taman Nasional yang berada di dua provinsi tersebut, yakni Sulawesi Utara dan Gorontalo memiliki luas wilayah 287.115 hektar, dengan 62,32 persen berada di wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow bagian Timur.

Desa Mengkang juga dikenal sebagai desa mandiri energi, karena kearifan penduduknya yang memanfaatkan kelimpahan air menjadi sumber pembangkit listrik, sehingga mereka tak tergantung sama sekali pada pasokan listrik dari PLN. Desa Mengkang dapat diakses dari Manado dengan berkenderaan lebih kurang 4 jam.

Begitu memasuki Desa Mengkang, pengunjung langsung disuguhi dengan pemandangan alam pedesaan yang indah. Sebuah jembatan gantung menjadi pintu gerbang masuk ke desa yang sudah berada dalam wilayah taman nasional ini. Datanglah ke Mengkang pada waktu malam, agar subuh bisa melakukan trekking menuju lokasi air terjun.

Air terjun Mengkang harus ditempuh lewat jalan kaki sejauh 6 kilometer. Start dari jam 5 subuh merupakan pilihan terbaik. Kabut yang tersisa dari semalam adalah ucapan selamat pagi yang indah. Dari jembatan gantung, belokan jalan setapak ke arah kanan telah menyuguhkan keanekaragaman hayati yang sangat beragam.

Flora dan Fauna akan menyapa sepanjang jalan. Bagi pehobi fotografi, mata harus tetap awas sepanjang perjalanan. Objek foto tersaji dengan melimpah. Baik berupa landscape, nature, macro flora, macro serangga, maupun binatang-binatang liar yang melintas.

Sediakan tenaga dan bekal, sebab trekking sepanjang 6 kilometer harus ditempuh melalui berbagai rintangan. Tak kurang dari 12 anak sungai berbatu harus dilewati. Siap-siap juga merayap di antara popohonan raksasa yang roboh. Jembatan-jembatan bambu menjadi sebuah sajian eksotisme alam yang mengoda.

Jalanan setapak yang kadang sempit, menanjak, menuruni punggung bukit menambah seru perjalanan mencapai Air Terjun. Dan dijamin, kelelahan perjalanan akan terbayar lunas dengan menikmati kesegaran air terjun. Air Terjun Mengkang terdiri dari 5 tingkat, mulai dari tingkat pertama yang agak kecil, rendah dan sempit, hingga tingkat ke-4 dengan sajian pemandangan yang eksotis.

Air terjun tingkat ke-5 hanya bisa dijangkau oleh orang yang nekat dengan persiapan yang matang. Sebab, tingkat ke-5 berada di ketinggian yang harus dipanjat melalui batu raksasa yang terjal dan licin.

Bekal yang dibawa, bisa dinikmati di hamparan batu-batu raksasa di tingkat ke-4. Sambil mandi di bawah guyuran air jatuh tersebut, kita bisa beristirahat dan menyatu dengan alam.

Bunyi air jatuh bagaikan simfoni orkestra alam yang harmoni, mengingatkan kita pada karya Sang Agung yang dahsyat. Desa Mengkang ini adalah lokasi alam yang dapat menjadi referensi tujuan wisata bagi pencinta traveling di Sulawesi Utara. Sungguh alam kita memang indah.

PenulisKontributor Manado, Ronny Adolof Buol
EditorFarid Assifa
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM