Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Agrowisata Murah di Tomohon

Kompas.com - 24/09/2012, 07:56 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis

MANADO, KOMPAS.com - Menyambangi kota Tomohon, tidaklah lengkap jika tidak mampir ke Rurukan. Rurukan terdiri dari dua desa, yakni Desa Rurukan dan Rurukan Satu, yang masuk dalam wilayah administrasi Kecamatan Tomohon Timur. Dengan luas wilayah lebih dari 500 kilometer persegi, Rurukan terkenal dengan perkebunan sayur mayurnya. Terletak di daerah ketinggian kaki Gunung Mahawu, udara Rurukan sangat sejuk. Tak heran, sewaktu-waktu kabut tebal datang secara tiba-tiba menyelimuti semua areal.

Jika ingin datang menikmati sunrise, jangan lupa mengenakan pakaian tebal atau mengenakan jaket. Udara dingin yang menusuk siap menyambut. Rurukan sangat mudah ditempuh dari Manado. Hanya berjarak kurang lebih 1 jam waktu tempuh dengan kendaraan bermotor.

Begitu memasuki Rurukan, kita telah disambut dengan hamparan kebun pertanian yang dikelola secara tradisional. Bedeng-bedeng tanaman berbentuk terasering menambah keindahan pemandangan yang tersaji. Di persimpangan jalan menuju Kawah Gunung Mahawu, kita dapat beristirahat sejenak sambil menikmati kegiatan penduduk lokal yang sedang mengolah tanaman perkebunannya. Selain tanaman sayur-sayuran, terdapat pula perkebunan bunga yang beraneka warna.

Sebagaimana diketahui, kota Tomohon merupakan penghasil utama komoditas bunga di Sulawesi Utara.

Bukit Temboan

Menikmati agrowisata di Rurukan, tidaklah lengkap jika tidak melanjutkan perjalanan ke Bukit Temboan. Datanglah sebelum fajar ke bukit ini, dan nikmati matahari terbit dari belakang gunung. Bukit Temboan berada di ketinggian, kita dapat melihat dengan sangat jelas Tondano dengan danaunya, Bitung dengan pelabuhannya, Gunung Klabat bahkan Selat Lembeh.

Bagi pemburu foto landsekap, Bukit Temboan merupakan lokasi strategis menunggu sunrise. Setelah itu, hamparan sinar matahari pagi di bukit-bukit perkebunan sungguh menyajikan pemandangan yang hijau dan indah untuk diabadikan.

Terdapat sebuah bangunan yang konstruksinya dari kayu pohon kelapa. Bangunan yang dikelola kelompok masyarakat setempat merupakan bangunan tempat singgah yang nyaman. Nikmati kopi dan pisang gorengnya sebagai pelengkap perjalanan. Di sekitar Bukit Temboan, juga terdapat perkebunan stroberi dan peternakan kelinci.

Rurukan merupakan salah satu pilihan destinasi wisata alam yang mudah dijangkau dan murah. Ongkos transportasi ke Manado - Tomohon hanya Rp 6.000. Dari terminal Beriman Tomohon, kita dapat menumpang mikrolet bertarif Rp 3.500 ke desa Rurukan dengan waktu tempuh kurang dari 15 menit. Jika ke Bukit Temboan kita dapat menyewa ojek dengan tarif Rp 10.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com