Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua "Marshall" Jelajah Sepeda Pilih Kelimutu

Kompas.com - 24/09/2012, 17:56 WIB
Hery Prasetyo

Penulis

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Dua marshall Jelajah Sepeda Bali-Komodo, Devino Oktavianus dan Iwan Nirwana, tak ikut pulang meski semua etape sudah diselesaikan. Mereka memilih melanjutkan perjalanan pribadi ke Danau Kelimutu, Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Devin dan Iwan memang anggota Indonesia Long Distance Cyclist. Mereka sering menjelajah Indonesia dengan sepeda. Awal tahun ini, Devin keliling Sulawesi. Tahun lalu, Iwan juga menjelajah Jakarta-Bima. Maka, mumpung berada di NTT, mereka menyempatkan diri mengeksplorasi Flores.

Keputusan mereka cukup mengagumkan. Sebab, mereka sudah bersepeda hampir 900 kilometer. Sebelumnya, mereka juga mengawal Bali Bike selama tiga hari. Kemudian, mereka langsung mengawal Jelajah Sepeda Bali-Komodo yang berjarak 620 kilometer.

"Lelah pasti ada, tapi kenikmatan bersepeda sambil melihat beragam pemandangan dan budaya sangat menggoda. Mumpung di sini, kami ingin melanjutkan perjalanan ke Kelimutu," kata Devin yang pernah sendirian bersepeda dari Jakarta ke Sabang, Aceh.

Menurut Devin, perjalanan dari Labuan Bajo, Manggarai Barat, ke Kelimutu diperkirakan memakan waktu lima hari. Setelah itu, mereka akan naik bus ke arah Surabaya. "Sebab, nanti di Surabaya sudah ada acara sepeda jarak jauh lagi," jelasnya.

Devin dan Iwan mengaku belum pernah bersepeda ke Kelimutu. Maka, ia ingin mencoba, sekaligus menambah pengalaman dan ilmu baru.

Sementara Iwan mengatakan, sebenarnya mereka ingin kembali dari Kelimutu dengan bersepeda juga. Tapi karena harus mengawal tim sepeda di Surabaya, maka terpaksa pulangnya naik bus.

"Flores tak kalah eksotisnya dibanding pulau lain. Maka, sudah di NTT, sayang kalau tak meneruskan perjalanan di pulau ini, terutama mengunjungi Danau Kelimutu," ujar Iwan yang juga warga Jakarta, sama seperti Devin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com