Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Icy Teller dan Bandrex di Malaysia

Kompas.com - 30/09/2012, 11:22 WIB

Kuala Lumpur yang mungil memang makin padat belakangan ini. Kendaraan bermotor makin banyak yang berjalan tersendat-sendat terutama saat jam usai kantor.

Melintasi sore yang membosankan hari itu membuatkan saya dan teman saya Kandi Rahayu, seorang Direktur perusahaan importir jamu Indonesia untuk Malaysia, melepaskan penat di Cafe Belanga yang terletak di kawasan The Garden, Mid Valley Mall. Kawasan yang berada di ground floor ini, mempunyai banyak pilihan makanan, mulai dari masakan Jepang, Thailand, Chinese dan tentu saja Malay. Cafe Belanga khusus menyajikan masakan Melayu.

Tak seperti biasanya, kami yang sudah beberapa kali datang ke Cafe ini, ingin mencoba minuman lain. Setelah menyusuri pilihan menu, telunjuk kami berhenti pada pilihan yang berlainan dan nada suara kami nyaris sama.

”Hei! Ada bandrek disini!” seru saya yang memilih minuman panas sore itu. Kandi, yang meski di hari yang paling sejuk pun tetap memilih minuman dingin bagi tenggorokannya.

"Mbak! Ada es teler lho disini, tapi tulisannya Icy Teller!" seru Kandi sambil terbahak.

Kami tak pernah mendapati menu ini beberapa tahun silam, dan sekarang ada! Mungkin disebabkan sebuah franchise Es Teler terkenal di Indonesia sudah memasuki Malaysia, dan pelanggannya berlimpah!

Kami memutuskan mencoba menu bandrex, minuman hangat yang saya kenal di Surabaya dan Bogor. Jika di Surabaya, bandrek adalah rebusan jahe ditambah gula jawa. Sedangkan kalau di Bogor, bandrek adalah rebusan jahe, gula merah dan santan. Tak bisa dipungkiri, ramuan ini paling tepat mengusir sejuk di perut. Bagaimana yang di Malaysia ini?

Bandrex

Nah, minuman bandrek yang saya nikmati disini, berupa rebusan jahe yang pekat, ditambah sekitar satu telunjuk jari kayu manis dan dibubuhi sedikit daun mint. Gula merah diberikan terpisah, dikemas seperti ’brown sugar’. Rasanya pahit dan pedas karena daun mint.

Bagaimana dengan Icy Teller yang dipesan Kandi? Es Teler ini lebih berwarna, ada merah, kuning, hijau dibanding dengan di Indonesia yang hanya menggunakan warna-warna alami seperti daun pandan. Isinya sama yakni kolang-kaling, irisan nangka, sedikit irisan kelapa muda dan es serut yang disiram sirup berwarna merah juga.

Icy Teller

Nah, jika kebetulan terdampar di Malaysia dan begitu rindu dengan minuman asli Indonesia, silahkan saja mencobanya, siapa tahu sesuai untuk lidah kita. (Weka Gunawan, Faculty of Medicine - National University of Malaysia, tinggal di Kuala Lumpur)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com