Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Belajar Menenun? Datanglah ke Desa Gamplong

Kompas.com - 04/10/2012, 22:11 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Desa Wisata Gamplong di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, menawarkan produk kerajinan alat tenun bukan mesin (ATBM) sebagai potensi desa itu kepada wisatawan mancanegara maupun nusantara.

"Dengan potensi produk kerajinan alat tenun bukan mesin itu maka Desa Wisata Gamplong sampai saat ini mampu bertahan sebagai desa wisata yang diminati  wisatawan mancanegara maupun nusantara karena mempunyai ciri spesifik yang bisa dijual," kata Penasihat Pengelola Desa Wisata Gamplong, Sutopo Sugiharto, di Yogyakarta, Kamis (4/10/2012).

Menurut Sutopo, selama ini desa wisata tersebut dikenal wisatawan karena ciri khasnya sebagai sentra produksi kerajinan tenun dengan menggunakan ATBM. "Hingga kini masyarakat setempat masih tetap mempertahankan produk kerajinan tenunnya ATBM  yang kemudian menjadi unggulan desa wisata tersebut," kata Sutopo yang juga menjadi ketua kelompok kerja pariwisata di desa itu.

Sutopo mengatakan, desa wisata itu kini semakin banyak dikunjungi wisatawan, baik nusantara maupun mancanegara yang ingin secara langsung untuk melihat proses produksi kerajinan tenun.

"Tiap libur akhir pekan maupun libur panjang dipastikan banyak wisatawan yang mengunjungi desa wisata tersebut. Biasanya wisatawan juga membeli produk tenun desa ini, bahkan terkadang memesan dalam jumlah banyak," katanya.

Menurut Sutopo, sejak 1950-an Gamplong sudah dikenal sebagai desa penghasil barang kerajinan tenun. Keterampilan menenun warga setempat, diperoleh secara turun-temurun. Produk tenun dari desa itu awalnya berupa kain lurik, serbet makan, dan barang kerajinan tenun lainnya.

"Namun, saat ini seiring dengan persaingan bisnis maka para perajin berinovasi produk dengan membuat tas wanita, tempat/rak buku, serta aksesori atau hiasan lainnya dengan bahan baku bervariasi di antaranya tanaman eceng gondok, lidi, serat, dan akar wangi yang ditenun menggunakan ATBM," katanya.

Sutopo menjelaskan, wisatawan yang berkunjung ke desa wisata tersebut, selain bisa melihat proses produksi secara langsung, juga bisa belajar menenun karena beberapa perajin membuka kursus singkat menenun dengan ATBM.

"Warga setempat juga menyediakan rumah mereka untuk menginap para wisatawan yang berkunjung ke desa wisata tersebut," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com