Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisata ke Lampung? Ini Tipsnya...

Kompas.com - 12/10/2012, 17:58 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

KOMPAS.com - Alam menjadi wisata andalan Provinsi Lampung. Penggemar pantai dan laut, melakukan trekking di dalam hutan, naik gunung, sampai bertemu satwa liar di alamnya, menjadi aktivitas wisata yang bisa dilakukan di Lampung.

Sayang, infrastruktur di Lampung memang belum memadai, terutama akses menuju obyek wisata. Namun jangan jadikan hal ini halangan Anda. Apalagi jika Anda tergolong pelancong penggemar petualangan dan tak rewel soal akomodasi maupun perjalanan darat yang jauh.

Operator tur di Lampung sebenarnya banyak, ada sekitar 90 biro perjalanan wisata lokal. Namun, sebagian besar biro perjalanan wisata yang menjual paket wisata di Lampung malah berasal dari luar Lampung. Jika berminat wisata ke Lampung, berikut beberapa panduannya.

Akses Menuju Lampung

Lampung sangat lengkap jika berbicara akses masuk ke provinsi ini. Anda bisa pilih jalur laut, udara, maupun darat. Jalur darat bisa diakses melalui kereta api. Jalur kereta api menghubungkan provinsi-provinsi di Pulau Sumatera. Jadi jika Anda tinggal di Pulau Sumatera, sebaiknya gunakan kereta api untuk mendapatkan sensasi perjalanan yang berbeda.

Penelusuran dengan kereta api membawa penumpang ke masa-masa saat Belanda menggunakannya untuk keperluan tambang. Selain kereta api, jalur darat dari Pulau Sumatera dan Pulau Jawa juga memungkinkan Anda melakukan lintas provinsi ke Lampung menggunakan mobil.

Dari Pulau Jawa, perlintasan adalah Pelabuhan Merak di Banten ke Pelabuhan Bakauheni di Lampung. Mobil akan naik kapal feri dengan lama tempuh perjalanan di laut selama satu jam.

Perjalanan dari Jakarta ke Pelabuhan Merak adalah tiga jam. Sedangkan dari Pelabuhan Bakauheni ke pusat kota Bandar Lampung bisa ditempuh sekitar satu jam.

Lewat jalur darat, selain mobil pribadi bisa naik kendaraan umum. Dari Jakarta tersedia mobil travel dari Gambir sampai Bandar Lampung dan bus lintas provinsi.

Untuk jalur udara, maskapai yang melayani rute Jakarta-Lampung adalah Batavia, Sriwijaya, Merpati, Garuda Indonesia, dan Lion Air. Lama tempuh perjalanan dengan pesawat adalah setengah jam. Tak semua provinsi di Indonesia terhubung langsung dengan Lampung, melainkan harus transit terlebih dahulu di Jakarta.

Transportasi

Dari Bandara Radin Inten II menuju pusat kota Bandar Lampung bisa naik taksi bandara berupa mobil Avanza ataupun taksi biasa. Kisaran tarif adalah Rp 100.000 dengan waktu tempuh sekitar setengah sampai satu jam tergantung kemacetan.

Taksi di Lampung tidak mengunakan argometer. Sehingga harga ditetapkan sesuai perjalanan dalam kota atau luar kota. Dua taksi yang umum direkomendasikan adalah Taksi Siger dan Taksi Puspa Jaya. Taksi-taksi ini bisa dijumpai di bandara.

Untuk berkeliling Lampung, disarankan menyewa mobil. Kisaran sewa mobil seperti Avanza mulai dari Rp 350.000 sudah termasuk supir tetapi belum termasuk bensin.

Bisa saja jika ingin menggunakan transportasi umum berupa angkot dan bus antar kota. Pilihan lain untuk wisata jarak dekat bisa menggunakan ojek. Ojek mudah ditemukan di Lampung.

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com