Rabu, 17 September 2014

News / Travel

Weekend Yuk!

Hanya Rp 2 Juta untuk Wisata ke Lampung

Minggu, 14 Oktober 2012 | 14:27 WIB

Berita Terkait

KOMPAS.com – Lampung memiliki tujuh obyek wisata unggulan. Ketujuh itu adalah Gunung Anak Krakatau, Teluk Kiluan, Tanjung Setia, Taman Nasional Way Kambas, Taman Nasional Bukit Barisan, Kota Bandar Lampung, dan Menara Siger.

Letak obyek-obyek wisata ini berjauhan dan tak ada akses langsung. Jika ingin menjelajahinya maka harus mampir ke Kota Bandar Lampung terlebih dahulu. Sehingga, perlu sekitar 10 hari jika ingin berkunjung ketujuh obyek wisata unggulan tersebut.

Namun, jika Anda hanya punya waktu tiga sampai empat hari, maka Anda harus memilih obyek wisata mana saja yang bisa Anda kunjungi. Misalkan Anda memiliki empat hari, salah satu pilihan rencana perjalanan yang bisa Anda pilih adalah kunjungan ke Teluk Kiluan, Taman Nasional Way Kambas, dan Kota Bandar Lampung.

Berapa biaya yang kira-kira Anda perlukan untuk wisata selama empat hari di Lampung dan mengunjungi ketiga obyek wisata unggulan Lampung tersebut? Siapkan bujet sekitar Rp 2.000.000. Mari berhitung, mulai dari tiket pesawat hingga paket tur.

Sebelumnya, pastikan Anda mendapatkan 3 orang lainnya untuk ikut berwisata ke Lampung. Angka Rp 2.000.000 per orang didapat setelah total pengeluaran dibagi lima orang. Memang, untuk wisata ke Lampung terutama jika wisata bahari yang dipilih, sebaiknya datang dalam rombongan.

Hal ini untuk menghemat biaya dan juga wisata bahari kaitannya adalah menyewa perahu. Ada minimal dan maksimal jumlah penumpang untuk sewa perahu. Ongkos sewa perahu menjadi lebih murah jika dibagi bersama-sama.

Untuk tiket pesawat dihitung dengan rute Jakarta-Bandar Lampung-Jakarta dengan harga kisaran Rp 900.000 pulang pergi per orang. Harga termurah yang bisa didapatkan untuk tiket rute tersebut mulai dari Rp 250.000 sekali jalan.

Namun, mari pilih di harga Rp 900.000 pulang pergi. Harga ini di kisaran keberangkatan pada hari Kamis dan kembali pada hari Minggu. Pastikan membeli tiket pesawat jauh-jauh hari untuk mendapatkan harga terbaik. Untuk empat orang, maka biaya tiket pesawat adalah Rp 3.600.000.

Penginapan untuk tiga malam maka dihitung malam pertama di Teluk Kiluan berupa homestay dengan tarif Rp 350.000 per kamar muat hingga lima orang. Malam kedua di Taman Nasional Way Kambas dengan kisaran homestay Rp 250.000 per kamar, bisa untuk empat orang.

Malam ketiga di Bandar Lampung, hotel kelas bintang dua, dengan tarif Rp 350.000 per kamar. Untuk empat orang, perlu dua kamar dengan total Rp 700.000 per malam. Maka total untuk tiga malam di Lampung adalah Rp 1.300.000.

Sewa mobil dengan sopir per hari Rp 350.000 untuk mobil Avanza, belum termasuk bensin. Untuk empat hari, maka total sewa mobil adalah Rp 1.400.000.

Untuk paket tur, di Teluk Kiluan paket tur yang bisa diambil adalah tur lumba-lumba dengan tarif Rp 250.000 per perahu. Satu perahu hanya bisa memuat 3 orang. Maka untuk empat orang, Anda perlu menyewa dua perahu.

Total sewa perahu di Teluk Kiluan adalah Rp 500.000 untuk dua perahu. Harga tur belum termasuk biaya parkir di Teluk Kiluan, sewa baju pelampung, dan tiket retribusi di Pulau Kiluan.

DI Taman Nasional Way Kambas, Anda bisa sewa perahu untuk menyusuri sungai Way Kanan seharga Rp 200.000 bisa muat untuk empat orang. Di penangkaran gajah Way Kambas, Anda bisa mengikuti tur safari gajah dengan harga Rp 250.000 per orang. Maka untuk empat orang, paket tur safari gajah adalah Rp 1.000.000.

Paket tur belum termasuk tiket masuk ke Taman Nasional Way Kambas dan SIMAKSI ke Way Kanan, serta biaya pengawalan. Total untuk tur untuk empat orang di Teluk Kiluan dan Taman Nasional Way Kambas adalah Rp 1.700.000.

Sementara untuk di Kota Bandar Lampung, Anda hanya akan menghabiskan uang untuk masuk tiket obyek wisata seperti Museum Bandar Lampung dan Pantai Mutun. Beberapa obyek wisata di Kota Bandar Lampung tak memerlukan biaya tiket masuk.

Sehingga total biaya untuk wisata di Lampung selama empat hari tiga malam untuk empat orang adalah Rp 8.000.000 atau Rp 2.000.000 per orang. Total biaya tersebut belum termasuk biaya makan, pajak bandara, oleh-oleh, bensin, biaya parkir mobil, dan tiket masuk obyek wisata. 


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Penulis: Ni Luh Made Pertiwi F
Editor : I Made Asdhiana