Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karimunjawa Diminati Biro Perjalanan

Kompas.com - 17/10/2012, 13:03 WIB

MAGELANG, KOMPAS.com — Paket wisata ke Pulau Karimunjawa di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, banyak diminati buyers dari luar negeri pada acara Borobudur Travel Mart and Expo 2012 (BTMX 2012). "Karimunjawa merupakan ikon baru yang banyak diminati para agen wisata," kata Kepala Dinas Provinsi Jawa Tengah Prasetyo Ari Wibowo setelah penutupan BTMX 2012 di Magelang, Selasa (16/10/2012) malam.

Prasetyo mengatakan, Karimunjawa salah satu potensi yang bisa ditawarkan kepada calon wisatawan. Pasalnya, obyek wisata tersebut banyak menawarkan wisata minat khusus. "Persoalannya adalah transportasi ke tempat tersebut yang belum memadai," katanya.

Menurut Prasetyo, hanya ada tiga kapal penyeberangan untuk menuju ke pulau di utara Jepara tersebut, yakni satu kapal dari Semarang (Kartini) dan dua kapal dari Rembang (Bahari Ekspres dan Muria).

Kapal Muria biasanya untuk mengangkut barang, sedangkan Kapal Kartini tidak bisa setiap hari mengangkut penumpang. "Hal ini menjadi persoalan dan kami sedang mencari partner bersama dari kalangan swasta untuk bisa masuk melayani rute Semarang-Karimunjawa," katanya.

Faktor cuaca, lanjut Prasetyo, juga menjadi kendala transportasi laut. Pada masa mendatang, Lapangan Dewandaru di Pulau Karimunjawa akan dikembangkan. Panjang landasan dari semula 850 meter, tahun depan sudah menjadi 1.200 meter.

Ia memaparkan, kalau panjang landasan sudah menjadi 1.200 meter, minimal pesawat yang mengangkut 30-40 orang bisa ke tempat itu. "Beberapa perusahaan penerbangan sudah mulai menanyakan hal tersebut karena mereka tahu minat wisatawan berkunjung ke pulau tersebut banyak sekali," tambah Prasetyo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com