Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bali Dikunjungi 2,1 Juta Wisman

Kompas.com - 25/10/2012, 16:16 WIB

DENPASAR, KOMPAS.com - Wisatawan mancanegara yang sudah datang melakukan perjalanan wisata ke Bali sejak Januari hingga September 2012 tercatat 2,1 juta orang atau naik 3,6 persen dari periode sama 2011 yang hanya 2 juta orang.

"Pemerintah Provinsi Bali optimis target jumlah wisatawan yang mengunjungi daerah itu, sebanyak 2,8 juta orang, akan tercapai sampai akhir tahun 2012," kata Pengamat sekaligus praktisi Pariwisata, Dewa Rai Budiasa di Denpasar Kamis (25/10/2012).

Dewa Rai cukup bangga atas daya tarik Bali bagi masyarakat internasional masih tinggi, hal itu terbukti dari sebagaian negara pusat-pusat pariwisata dunia masih bergelut dengan resesi ekonomi, namun turis asing masih banyak berlibur ke Bali.

Kondisi perjalanan wisata masyarakat internasional pada bulan September biasanya sepi, namun yang terbang langsung ke Bali dari negerinya mencapai 243.722 orang atau berkurang dari bulan sebelumnya mencapai 25.020 orang.

Tetapi setelah September perjalanan wisata masyarakat internasional kembali ramai apalagi menjelang akhir tahun dan perayaan Natal dapat dipastikan para pekerja, pengusaha maupun pelajar akan menghabiskan waktunya ke luar negeri.

Dewa Rai mengakui, berdasarkan informasi pelaku usaha, kecenderungan penurunan lama tinggal turis yang berada di Pulau Dewata dipengaruhi oleh pergeseran pasar wisatawan dari Jepang ke daratan China dan negara Asia lainnya.

Kedatangan turis Jepang terus berkurang, sementara wisatawan asal China semakin bertambah banyak. Pelancong asal negeri Tirai Bambu itu umumnya mengambil paket perjalanan wisata yang lebih pendek begitu pula warga Australia.

Sesuai catatan Dinas Pariwisata Bali, kedatangan turis asing ke Bali periode sembilan bulan I-2012 masih didominasi oleh pelancong asal Australia mencapai 608.255 orang atau naik 3,85 persen dari periode sama 2011 hanya 585.693 orang.

Menyusul dari kedatangan turis China yang mencapai 235.089 orang selama Januari-September 2012 bertambah 31,17 persen dari periode sama 2011 hanya 179.219 orang dan turis Jepang 140.606 orang melorot 1,45 persen dari sebelumnya 142.670 orang.

Dewa Rai menambahkan, pergeseran pasar wisata Bali belakangan ini karena turis Asia yang umumnya berkurang ke Bali, selain asal Jepang juga dari Korea Selatan, Taiwan juga berpengaruh terhadap sektor pariwisata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com