Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baduy, Andalan Pariwisata Kabupaten Lebak

Kompas.com - 26/10/2012, 20:40 WIB

LEBAK, KOMPAS.com — Sebanyak 158 wisatawan mancanegara (wisman) mengunjungi obyek wisata budaya suku Baduy di pedalaman Kabupaten Lebak, Banten. "Jumlah wisman itu sampai dengan September dan kami terus meningkatkan penataan obyek wisata budaya," kata Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya, dan Pariwisata Kabupaten Lebak, Syaifullah Saleh, di Rangkasbitung, Jumat (26/10/2012).

Menurut Syaifullah, saat ini obyek wisata budaya Baduy merupakan andalan pariwisata di Kabupaten Lebak.

Sebagian besar pengunjung dari kalangan pelajar dan mahasiswa untuk konservasi maupun mempelajari budaya setempat. Pasalnya, keunikan masyarakat Baduy yang hingga kini masih mempertahankan adat istiadat dan menolak kehidupan modern.

Kawasan hutan yang dihuni masyarakat Baduy seluas 5.100 hektar tanpa jalan, jaringan listrik, televisi, radio, dan kendaraan. Bahkan, masyarakat Baduy Dalam berpakaian putih-putih bepergian ke luar daerah harus berjalan kaki dan dilarang naik angkutan kendaraan. "Banyak para antropolog datang ke Baduy untuk melakukan penelitian," kata Syaifullah.

Selain itu, masyarakat Baduy juga cukup sederhana dan belum pernah terjadi kerawanan pangan. "Kami menilai Baduy memiliki nilai jual obyek wisata," katanya.

Menurut Syaifullah, dari 158 wisman tersebut, mereka kebanyakan berasal dari Belanda, Inggris, dan Swiss.

Selama ini kunjungan wisman ke Baduy perlu ditingkatkan sehingga dapat mendorong perekonomian masyarakat.

Selain wisman, obyek wisata Baduy ramai dipadati pengunjung saat liburan panjang. Mereka datang dari berbagai daerah, seperti Jakarta, Bogor, Tangerang, Bandung, dan Yogyakarta.

Perjalanan Rangkasbitung menuju Ciboleger, pintu gerbang kawasan Baduy, berjarak 22 kilometer yang bisa ditempuh selama satu jam dengan angkutan umum. "Saat ini kondisi jalan menuju Baduy relatif bagus," katanya.

Sekretaris Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Sarpin mengatakan, selama ini rombongan pengunjung obyek wisata Baduy kebanyakan dari perguruan tinggi, sekolah, peneliti, lembaga, instansi swasta, dan pemerintah, sedangkan dari kalangan keluarga relatif kecil. "Kami yakin ke depan kunjungan wisata adat Baduy meningkat, baik wisatawan mancanegara maupun wisatawan lokal," kata Sarpin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com