Jumat, 24 Oktober 2014

News / Travel

10 Negara yang Wajib Dikunjungi pada Tahun 2013

Rabu, 7 November 2012 | 09:58 WIB

KOMPAS.com — Sisa tahun 2012 sudah tinggal menghitung hari. Maka dari itu, siap-siap menyambut Tahun Baru dengan rencana destinasi wisata yang juga baru. Seperti biasa, Lonely Planet secara rutin mengeluarkan daftar destinasi wisata terbaik setiap tahunnya. Berikut 10 negara yang wajib dikunjungi pada tahun 2013, yang dilansir oleh Lonely Planet.

Sri Lanka
Sempat dihantam tsunami pada tahun 2004, serta terjadi perang saudara sepanjang 1983-2009, menyebabkan banyak daerah di Sri Lanka dilarang untuk dikunjungi oleh wisatawan. Namun kini, setelah konflik selesai, banyak investasi muncul pada sektor pariwisata. Jumlah wisatawan pun kian meningkat. Dengan biaya hidup terjangkau serta banyaknya penerbangan berbiaya murah dari Bangkok, Sri Lanka menjadi salah satu negara destinasi wisata terbaik.

Montenegro
Alam yang sangat produktif dan kreatif di Montenegoro menggambarkan simbol menarik seperti menyulap pantai kotor dan meramaikan pantai sepanjang Riviera. Namun, pastikan untuk membawa sepatu gunung dan setelan baju renang karena kecantikan Montenegro tak kalah hebat soal alam liarnya. Jalur perjalanan baru terus bermunculan, begitu pun dengan jalur sepeda. Pembangunan infrastruktur membuat alam lebih mudah diakses, sekaligus menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi penduduk lokal.

Korea Selatan
Diam-diam, Korea Selatan berkembang menjadi tujuan wisata alam terbuka dengan potensi yang dapat dimanfaatkan untuk golf, pendakian, dan memancing. Meski belum banyak dipublikasikan, beberapa wisatawan asing telah mengetahuinya.

Ekuador
Pada tahun 2013, Ekuador mengubah jalur kereta apinya dengan membangun jalur baru yang menghubungkan kota kosmopolitan Quito dengan Guayaquil di pesisir pelabuhan. Jalur kereta baru ini juga menghubungkan Gunung Cotopaxi yang memiliki ketinggian 5.900 mdpl dan Nariz del Diablo. Jalur ini diyakini sebagai yang tercuram di dunia barat.

Slowakia
Dua dekade dari Revolusi Velvet, Slowakia menjadi salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di Eropa. Bergabung dengan Uni Eropa, negara ini berada di peringkat teratas Google dalam pencarian paket ski murah dan pertunjukan rusa pada akhir pekan.

Kepulauan Solomon
Lupakan pasar atau tempat-tempat mewah, mulailah melirik wisata lingkungan, menginap di pedesaan, dan menyelam di tempat-tempat terbaik yang ada. Dahulu penerbangan ke Kepulauan Salomon sangatlah terbatas, transportasi dalam negeri sulit, infrastuktur kurang, perang saudara banyak terjadi, dan beberapa tempat yang terjangkit malaria, menyebabkan jarangnya wisatawan datang. Namun kini, berwisata dapat lebih mudah dengan berkurangnya perang saudara dan ancaman nyamuk malaria.

Eslandia
Tanyakan kepada wisatawan yang ada selama perjalanan Anda ke Eslandia, akan terlihat begitu mudahnya jatuh cinta dengan negara kepulauan kecil ini, entah kepada pemandangannya, hidangan ikan dan domba lezatnya, atau keramahan para penduduk lokal. Terjadinya inflasi mata uang krona hingga 75 persen memberikan keuntungan yang bisa menyelamatkan "dompet" wisatawan.

Turki
Banyak maskapai berbiaya murah membuka penerbangan ke Turki. Layanan transportasi bus pun bisa didapatkan dengan mudah di sini. Kita bisa menjelajahi kota tua bersejarah, Mardin dan Midyat; berpesta makanan yang fantastis di Gaziantep; dan melihat reruntuhan yang baru-baru ini ditemukan di Göbekli Tepe, dekat Sanliurfa. Selain itu, baru saja dibuka, jalur Abraham’s Path dengan sarana yang tersedia hanya homestay Kurdish yang sederhana, jauh dari wisata pantai ramai turis dan kota tua Istanbul.

Dominika
Pada kuartal pertama tahun 2012, Dominika mengalami kenaikan 8,4 persen di bidang pariwisata. Dengan maskapai penerbangan menawarkan rute ke delapan bandara internasional di berbagai negara, serta kapal pesiar yang menambahkan Dominika sebagai pelabuhan utama, banyak orang yang datang ke negeri penuh matahari dan pasir ini. Berselancar di sini sebanding dengan tempat lain di Karibia.

Madagaskar
Setelah bertahun-tahun mengalami ketidakstabilan politik yang menghambat perkembangan pariwisata, Madagaskar kian mengalami pemulihan. Pemilihan presiden pada 2013 mendatang merupakan kemajuan demokrasi yang sangat besar (meskipun telah berulang kali mengalami penundaan).

Untuk wisatawan, sekaranglah waktu terbaik untuk berkunjung, sebelum negara ini membuka kesempatan kepada para penyedia jasa perjalanan. Bersiaplah untuk kebanjiran aneka fauna dan bentang alam di pulau terbesar keempat di dunia ini, layaknya negeri ajaib. Untuk mereka yang mencari tempat luar bisa, Madagaskar tidak akan mengecewakan.


Penulis: Fitri Prawitasari
Editor : I Made Asdhiana