Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gorontalo Fokus Kembangkan Desa Wisata

Kompas.com - 13/11/2012, 20:05 WIB

GORONTALO, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo, sedang memfokuskan pengembangan desa wisata, seperti di Desa Bongo, Kecamatan Batudaa Pantai. "Dibutuhkan keseriusan dan dukungan masyarakat untuk mengembangkan kawasan desa wisata," kata Wakil Bupati Gorontalo, Toni Junus, di Gorontalo, Selasa (13/11/2012).

Pasalnya, menurut Toni, sarana dan prasarana penunjang yang akan dibangun diharapkan mampu dipelihara dengan baik, di samping pentingnya sikap ramah masyarakat dalam menerima banyak kunjungan.

Keunikan yang dimiliki Desa Bongo dinilai layak menjadi lokasi wisata religius. Seperti perayaan tradisi hari besar keagamaan yang setiap tahunnya mampu menyedot antusiasme ribuan masyarakat Gorontalo ke desa itu.

"Kami sudah merancang master plan pengembangan kawasan desa wisata, dan diharapkan realisasi infrastruktur penunjang akan rampung 2013 nanti," ujar Toni.

Pengembangan desa wisata religius adalah salah satu upaya pemerintah daerah dalam pelestarian adat istiadat yang akan diandalkan menjadi pendapatan asli daerah (PAD) terbesar di sektor pariwisata.

Kegiatan keagamaan akan mulai dipusatkan di lokasi desa wisata untuk memopulerkan program karya wisata religius di daerah ini.

Toni menambahkan, pemerintah daerah berharap masyarakat semakin siap dan membuka diri terhadap berbagai kunjungan wisata di wilayah itu, baik dari wisatawan domestik maupun mancanegara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com