Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akses ke G-Land Akan Semakin Mudah

Kompas.com - 15/11/2012, 10:58 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pantai Plengkung mungkin belum tenar di kalangan wisatawan domestik, namun menjadi destinasi wisata incaran para peselancar asing. Wisatawan asing menyebutnya sebagai G-land. Pantai ini berada di Tegaldlimo, Banyuwangi.

"Pantai ini berada di taman nasional. Arah ke sana susah, aksesnya biasanya dari Bali," ungkap Bupati Banyuwangi, Abdullah Anas saat ditemui di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Rabu (14/11/2012).

Pantai Plengkung menjadi salah satu destinasi wisata unggulan Banyuwangi. Sayangnya, seperti diungkapkan Abdullah, akses menuju pantai ini masih sulit. Namun, lanjutnya, saat ini pihaknya telah menandatangani kesepakatan bersama dengan Kementerian Kehutanan.

"Selama ini kita tidak agresif promosikan, karena takut yang datang kecewa. Toilet saja belum bersih, jalan belum ada. Tahun depan baru bisa kita jual," tuturnya.

Dengan adanya kesepakatan bersama dengan Kementerian Kehutanan, pemerintah daerah berencana membangun jalan akses ke Pantai Plengkung. "Surfing di G-land ini istimewa, ada tiga warna, dengan laut yang biru, pasir yang putih, dan latar belakang hijau. Di Hawaii, latar belakangnya gedung-gedung. Kalau ini hutan hijau," kata Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sapta Nirwandar.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com