Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berburu Pantai di Yogyakarta!

Kompas.com - 17/11/2012, 10:50 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

KOMPAS.com – Lokasinya yang berada di selatan Pulau Jawa, menjadikan pantai-pantai di Yogyakarta menghadap langsung ke Samudera Hindia. Tentu pantai paling tenar adalah Pantai Parangtritis. Padahal ada banyak pantai cantik di Yogyakarta.

Provinsi ini memiliki empat kabupaten dan satu kota. Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman yang tak memiliki pantai. Sementara Kabupaten Bantul, Kabupaten Gunung Kidul, dan Kabupaten Kulonprogo mempunyai pantai-pantai eksotik yang siap untuk dijelajahi.

Berikut enam pilihan pantai di Yogyakarta yang patut Anda kunjungi. Namun beberapa pantai ini sebenarnya berdekatan dengan pantai-pantai lainnya. Jika ada waktu, kunjungilah pantai-pantai yang ada di dekatnya.

Pastikan Anda menghabiskan pantai-pantai dalam satu kabupaten dalam sehari. Jangan menyusun perjalanan dengan mendatangi pantai-pantai di kabupaten yang berbeda, karena hanya akan memakan waktu perjalanan.

Pantai Parangkusumo. Aura mistis memang kental di terasa di pantai yang sangat berdekatan dengan Pantai Parangtritis. Pantai ini berada di Kabupaten Bantul. Sebuah kisah cinta sekaligus perjanjian antara Panembahan Senopati, pendiri Kerajaan Mataram, dan Nyi Roro Kidul yang dipercaya sebagai penguasa laut selatan.

Setiap tahunnya, ada upacara Labuhan Alit di pantai ini sebagai persembahan kepada Nyi Roro Kidul. Upacara tersebut sangat menarik untuk dilihat sekaligus berwisata budaya. Sehari sebelum Nyepi, pantai ini juga digunakan sebagai tempat upacara melasti oleh umat Hindu.

Pantai Depok. Inilah pantai untuk para penggemar kuliner, terutama jika Anda doyan hidangan laut. Pantai ini sebenarnya sudah mulai terkenal. Lokasinya berdekatan dengan Pantai Parangtritis, sama-sama di Kabupaten Bantul. Karena berada di tempat pepelangan ikan, ikan-ikan yang dijual pun begitu segar.

Warung-warung seafood pun siap mengolah ikan-ikan segar ini. Mau mencicipi ikan bakar, cumi, atau olahan udang, silahkan saja. Tak perlu khawatir soal harga. Sebab makan ikan di tempat ini tergolong sangat terjangkau.

Pantai Kukup. Kabupaten Gunung Kidul surganya pantai-pantai pasir putih. Salah satunya adalah Pantai Kukup. Orang-orang menyebut Pantai Kukup sebagai “Tanah Lot”-nya Yogyakarta. Julukan ini beralasan. Sebab di tepian pantai, tepat di pertemuan antara pasir pantai dan laut, terdapat batu karang besar.

Karena berada di atas laut, cenderung menjauh dari pantai, maka sebuah jembatan pun dibangun. Pengunjung bisa ke tengah batu karang besar tersebut dengan meniti jembatan. Di atas batu karang sebuah pondok istirahat pun tersedia bagi pengunjung yang ingin melihat panorama cantik Pantai Kukup.

Pantai Sepanjang. Pantai ini belum terlalu dikelola sebagai obyek wisata dibanding Pantai Baron maupun Pantai Kukup. Pantai-pantai ini berada di garis pantai yang sama di Kabupaten Gunung Kidul. Sehingga sebuah lahan parkir sederhana pun seakan menunjukan betapa perawannya pantai ini. Saat ini, Pantai Sepanjang sudah mulai naik daun.

Hamparan pasir putih yang panjang, batu karang hitam nan tinggi, laut yang biru, dan karang-karang laut penuh dengan rumput laut menghijau. Seakan ada empat warna yang menggambarkan Pantai Sepanjang.

Pantai Glagah. Jika menyebut Pantai Glagah, maka yang teringat adalah festival layang-layang yang kerap diadakan di pantai ini. Pantai Glagah berada di Kabupaten Kulonprogo.

Pantai yang luas dan landai dengan pasir besi yang hitam. Di pantai ini terdapat sebuah laguna yang membelah pantai menjadi dua kawasan. Di sini pengunjung bisa ikut aktivitas memancing ikan atau sekedar menikmati ikan di warung-warung pinggir pantai.

Pantai Trisik. Suasana masyarakat pesisir terasa di Pantai Trisik yang berada di Kabupaten Kulonprogo. Di sini terdapat tempat pelelangan ikan. Selain itu, Pantai Trisik merupakan lokasi tepat untuk melihat aneka burung yang bermigrasi.

Pantai Trisik juga menjadi lokasi konservasi penyu. Sebab, penyu hijau biasa mampir di pantai ini untuk bertelur. Jika beruntung, Anda bisa menyaksikan pelepasan tukik ke laut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com