Rabu, 20 Agustus 2014

News / Travel

Logo "Wonderful Indonesia" Diperbarui

Senin, 19 November 2012 | 20:46 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memperbarui logo pariwisata resmi yakni "Wonderful Indonesia" dengan beberapa pembaruan. "Kita memutuskan untuk melakukan pembaruan pada logo pariwisata 'Wonderful Indonesia' karena setelah kita melakukan pendalaman ternyata yang paling kuat branding-nya adalah burung garudanya," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Mari Elka Pangestu, di Jakarta, Senin (19/11/2012), dalam acara Reposisi Logo "Wonderful Indonesia".

Menurut Mari, simbol burung Garuda yang dipilih pertama saat peluncuran Visit Indonesia Year 2008 dinilai telah memiliki branding yang sangat kuat.

Namun kekuatan branding belum diikuti oleh kekuatan grafis tulisan "Wonderful Indonesia" yang belum terlalu kuat branding-nya. "Kita pertahankan logo burungnya sekaligus memperkuat pesan 'Wonderful Indonesia' sebagai janji pariwisata kita kepada dunia," katanya.

Reposisi dilakukan dengan memperkuat grafis "Wonderful Indonesia" yang letaknya lebih didorong ke depan. Sebelumnya tulisan "Wonderful Indonesia" letaknya berada di belakang logo burung Garuda dan berukuran lebih kecil.

"Logo baru Wonderful Indonesia-nya diletakkan lebih ke depan dan lebih kita tonjolkan unsur-unsur grafisnya. Kita harapkan ini lebih proporsional dimana tulisan "Wonderful Indonesia" diperbesar ukurannya sementara burung diletakkan agak ke atas," katanya.

Unsur grafis

Unsur grafis yang ditonjolkan adalah mempertegas tulisan Indonesia dengan warna hitam serta mengurangi kadar warna hitam pada "Wonderful" menjadi lebih abu-abu. Istilah "Wonderful" sendiri digunakan sebagai janji Indonesia kepada dunia untuk memberikan pengalaman baru yang menyenangkan dan bisa dikenang.

Hal baru lain adalah pencantuman www.indonesia.travel pada bagian bawah logo. "Ini searah dengan tren dunia yang menuntut kecepatan akses informasi melalui internet 24 jam sehari sepanjang tahun sehingga peran website pariwisata diletakkan pada posisi strategis untuk menjangkau dunia," kata Mari.

Logo juga menekankan pada gaya yang luwes dengan gambar tanpa sudut yang bermakna keseimbangan, keselarasan manusia di bumi, sekaligus melambangkan pariwisata berkelanjutan. Sementara lambang burung diadaptasi dari disain sebelumnya yang merupakan simbol lambang negara. Selain itu burung juga merupakan populasi hewan terbesar di Indonesia dengan rentangan sayap yang memaknakan hasrat untuk terbang jauh sekaligus kedamaian.

Bulu lima warna pada burung juga dipertahankan di mana masing-masing warna memiki makna yakni biru melambangkan kesemestaan, hijau lambang kreativitas dan ramah pada alam, jingga lambang inovasi dan semangat pembaruan, ungu simbol daya imajinasi dan keimanan, serta magenta merupakan simbol keseimbangan akal sehat dan sifat praktis.


Editor : I Made Asdhiana
Sumber: