Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisata Museum Melalui Gelar Museum Nusantara

Kompas.com - 22/11/2012, 07:32 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Museum di Indonesia, kalah pamor dengan mal dan taman hiburan. Padahal, museum bisa menjadi salah satu tempat wisata, selain tentunya menambah pengetahuan akan budaya dan sejarah Indonesia.

Menurut Ketua Kelompok Kerja Koordinator Gelar Museum Nusantara Yuni Astuti Ibrahim dalam wawancara dengan Kompas.com melalui telepon, Rabu (21/11/2012), sebagian masyarakat memandang museum sebagai sesuatu yang kuno, gelap, dan angker. Sehingga, lanjutnya, jarang orang yang mau berkunjung ke museum.

Oleh sebab itu, tuturnya, untuk membangkitkan kembali citra positif museum kepada masyarakat, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI mengadakan "Gelar Museum Nusantara". Acara ini menampilkan sekaligus memperkenalkan ratusan museum yang ada di Indonesia.

"Sudah saatnya berkunjung ke museum menjadi gaya hidup," ungkap Wakil Menteri Kebudayaan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Wiendu Nuryanti saat dihubungi Kompas.com melalui telepon.

Wiendu menambahkan, penyelenggaraan acara yang berlangsung pada tanggal 22-25 November 2012 di Jakarta Convention Centre (JCC)  tersebut untuk mendekatkan kembali museum kepada masyarakat yang selama ini dirasa makin jauh.

"Masyarakat sudah harus tahu apa-apa saja yang ada di Kupang, Banjarmasin, di seluruh Indonesia lewat museumnya," katanya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com