Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Singapura Bentuk Konsorsium Jual Paket Wisata Indonesia

Kompas.com - 22/11/2012, 21:34 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah pelaku usaha pariwisata di Singapura membentuk konsorsium untuk menjual paket-paket wisata ke Indonesia yang menyasar segmen komunitas Melayu Muslim di negara itu.

"Sebagai pelaku bisnis, mereka bergotong royong membentuk semacam konsorsium. Mereka melakukan promosi dengan beriklan di media cetak dan berbagai media lain untuk memasarkan paket wisata ke Indonesia," kata Direktur Pencitraan Indonesia Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Esthy Reko Astuti, di Jakarta, Selasa (20/11/2012).

Esthy Reko Astuti mengatakan, konsorsium itu bahkan menggunakan dana mereka sendiri untuk melakukan berbagai macam promosi paket wisata ke Indonesia termasuk promosi melalui surat elektronik.

Beberapa biro perjalanan wisata yang bergabung dalam konsorsium di antaranya Quins Travel, Shahidah Travel, An Nur Travel, Azza Travel, Halijah Travels, dan Hamidah Travel.

Produk wisata yang dihasilkan konsorsium itu adalah Mesra Holidays yang menawarkan pilihan paket wisata di antaranya paket lima hari empat malam ke Bali dan Yogyakarta, empat hari mengunjungi Makasar-Ujungpandang, empat hari tiga malam Bali Muslim Tour, dan paket ke Bandung dan Jakarta dengan harga yang kompetitif.

"Konsorsium menerapkan strategi co-marketing dengan pihak penerbangan dan akhirnya tak hanya destinasi Bali tetapi juga dikombinasikan dengan destinasi lain seperti Yogyakarta dan Makassar," katanya.

Gandeng Garuda Konsorsium yang beranggotakan biro perjalanan Islam itu menggandeng PT Garuda Indonesia dengan menyasar pasar spesifik yakni Melayu Muslim dengan tawaran paket berupa wisata kuliner makanan halal.

Konsorsium tersebut telah memasarkan paket-paketnya itu dalam setahun terakhir. Ia mengatakan, ada pula konsorsium lain yang dibentuk di negara itu yang juga menjual paket wisata Indonesia kepada segmen yang lebih luas atau masyarakat umum.

Konsorsium yang beranggotakan Seiki Travel, Singa Tour, I'Smart Leisure, New Shan, dan Airelated itu menawarkan paket Wow! Indonesia dengan menggandeng Silk Air dan Hotel Harris Bandung.

Mereka menawarkan paket tur khusus ke Bandung-Jakarta-Batam untuk Singaporean. Paket termurah dibanderol dengan harga 239 dolar Singapura berupa paket empat hari wisata di Bandung sudah termasuk penginapan, tiket, makan, dan jalan-jalan.

"Masih banyak peluang lain yang bisa digarap terutama dengan menyasar segmen komunitas lain yang beragam di Singapura seperti masyarakat keturunan India, China, dan expatriates," katanya.

Pihaknya mencatat selama ini Singapura menempati posisi teratas negara kontributor wisman (wisatawan mancanegara) ke Indonesia dari tahun ke tahun. Pada 2013, Indonesia menargetkan mampu menjaring setidaknya 1,75 juta wisman dari negeri singa tersebut.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com