Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pancake Durian, Hmm... Rasanya Pecah di Mulut

Kompas.com - 23/11/2012, 11:49 WIB
Indra Akuntono

Penulis

MEDAN, KOMPAS.com - Bentuknya yang buntel bagai bantal, seksi menggoda. Sekali melihat pasti langsung tertarik ingin tahu apa yang tersembunyi di dalamnya.

Berbicara rupa, pancake durian seperti sengaja didesain untuk menarik perhatian. Tidak terlalu besar atau kecil, namun pas. Warnanya lembut, tapi cukup mencolok meski tidak terlalu mentereng.

Tepung beras yang melapisi bagian luar sukses menjalankan perannya. Ditambah sedikit pewarna makanan, ah.. semua jadi tambah menggoda.

Meski belakangan banyak terdapat di beberapa kota, tapi pancake durian adalah makanan khas Kota Medan. Buah durian kualitas wahid jadi tokoh sentral pancake ini.

Daging buah durian yang telah dipisah dari bijinya ditampung jadi satu. Tepung beras sengaja dipilih sebagai pembalut untuk membungkus daging durian yang lembut bak bubur.

Satu per satu bubur durian dibentuk seukuran kue gemblong. Lalu dijual dengan harga yang bervariasi.

Di restoran Sari Laut Nelayan misalnya, sepasang pancake durian dikenai bandrol Rp 31 ribu. Harga menyesuaikan rasa, dijamin tidak menyesal. Bahkan sebaliknya justru lidah ini dibuatnya nagih.

Ya, pancake ini ibarat candu, memaksa lidah dan pikiran kita akan selalu rindu. Cara menikmatinya juga cukup unik. Para pelayan di restoran ini selalu membawa gunting untuk membelah sepasang pancake durian menjadi empat buah.

Jangan tergesa, pancake ini lebih seru dinikmati menggunakan sumpit yang disediakan. Gigit perlahan dan selamat menikmati cita rasa durian yang dipadu suasana sore Merdeka Walk di jantung Kota Medan.

Semua pengunjung restoran ini pasti memesan minimal seporsi pancake durian. Sebagai sajian penutup, atau malah sengaja datang hanya untuk menemui pancake ini, sambil kongkow menikmati waktu santai.

Apapun, yang pasti pancake ini kadung menjadi primadona dan rata-rata 150 porsi laris terjual dari restoran yang mulai buka pukul 16.00 WIB sampai tengah malam ini.

Di Kota Medan ada banyak outlet yang menjual pancake durian. Harganya juga bersaing. Sekitar Jalan Sekib Kota Medan, ada beberapa outlet yang menawarkan pancake serupa dengan harga yang jauh lebih murah karena bebas dari kewajiban pajak restoran, yakni Rp 80 ribu untuk 10 potong pancake.

Bagaimana, Anda tertarik mencobanya? Tak sempat ke Medan? Tenang, di Jakarta juga tersedia pancake durian, salah satunya di Restoran Sari Laut Nelayan cabang Mal Taman Anggrek, Jakarta Barat. Hati-hati yaa.., rasanya bisa membuat ketagihan. Hmmm...

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com