Empat Pantai Unggulan di Tasikmalaya - Kompas.com

Empat Pantai Unggulan di Tasikmalaya

Ni Luh Made Pertiwi F
Kompas.com - 01/12/2012, 10:18 WIB

KOMPAS.com — Berada di selatan Pulau Jawa, Kabupaten Tasikmalaya berhadapan langsung dengan Samudra Hindia. Ada sejumlah pantai wisata di kabupaten ini. Berikut di empat antaranya yang menjadi unggulan wisata.

Pantai Cipatujah. Sempat hancur pascatsunami pada tahun 2006. Namun, kini pantai tersebut sudah kembali apik. Pantai ini menghubungkan Pantai Pangandaran di Kabupaten Pangandaran dengan Pantai Palabuhan Ratu di Kabupaten Sukabumi.

Fasilitas rekreasi sudah terdapat di pantai ini, seperti penginapan, warung, tempat duduk, dan wahana bermain anak-anak. Cocok sebagai pantai untuk keluarga, sekadar berenang, atau duduk-duduk di tepi pantai.

Pantai Sindangkerta. Sebuah ritual setiap tahunnya di tanggal 1 Januari bertempat di Pantai Sindangkerta. Ritual tersebut bernama Hajat Lembur Mapag Taun. Lokasi pantai ini dekat dengan Pantai Cipatujah, hanya sekitar empat kilometer ke arah timur.

Sebuah taman laut bernama Taman Lengser seluas 20 hektar terdapat di pantai tersebut. Di dalamnya terdapat aneka biota laut, ikan, penyu, dan karang laut. Pantai ini telah dilengkapi tempat makan, gazebo, dan penginapan.

Aktivitas paling seru adalah menantikan matahari terbenam dengan semburat jingga yang cantik, lalu makan ikan bakar di tepi pantai.

Pantai Pamayangsari. Deretan perahu nelayan menghiasi pantai ini. Ya, ini memang dekat dengan desa nelayan dan juga tempat pelelangan ikan (TPI). Pagi hari melihat aktivitas nelayan menurunkan ikan dan menjualnya di TPI menjadi kegiatan yang seru.

Pantai yang termasuk landai tersebut menjadi lokasi ritual tahunan, yaitu Syukur Laut. Ritual ini biasa diselenggarakan di awal bulan Muharam tahun Hijriyah. Pantai ini juga dekat dengan tempat konservasi penyu hijau yang langka.

Pantai Karangtawulan. Sesuai namanya, pantai ini berkarang curam. Hanya beberapa meter dari bibir pantai terdapat pulau-pulau karang. Pada musim tertentu, pulau karang dihuni berbagai jenis burung. Cocok untuk aktivitas birdwatching.

Lokasi pantai ini agak jauh dari pusat kota, tepatnya di Kecamatan Cikalong. Jaraknya 97 kilometer dari Kota Tasikmalaya, atau sekitar 40 kilometer dari Pantai Pangandaran. Di Cikalong, selain Pantai Karangtawulan, terdapat pantai lain seperti Cimanuk, Sindangjaya, Padabumi, dan Kalapa Rea.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
    PenulisNi Luh Made Pertiwi F
    EditorI Made Asdhiana
    Komentar

    Close Ads X