Minggu, 26 Oktober 2014

News / Travel

Pesisir Selatan

Pasir Putih Kambang Bakal Jadi Kawasan Pariwisata

Senin, 3 Desember 2012 | 12:25 WIB

PAINAN, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat merencanakan Pasir Putih Kambang, Kecamatan Lengayang menjadi kawasan pariwisata pantai.

"Jika pembangunannya selesai, Pasir Putih Kambang akan dijadikan sebagai daerah tujuan wisata setelah obyek wisata Pantai Carocok Painan di kabupaten ini. Dua obyek wisata itu saling bersinergi sehingga diharapkan saling menunjang sebagai tempat tujuan wisata ke kabupaten ini," kata Bupati Pesisir Selatan Nasrul Abit di Painan, Minggu (2/12/2012).  

Pasir Putih Kambang sebelumnya juga sudah dikunjungi banyak tamu dari berbagai daerah, baik lokal maupun luar daerah. Pada hari-hari libur, baik Lebaran maupun akhir pekan, yakni Sabtu dan Minggu, pengunjung selalu memadati Pasir Putih Kambang untuk sekadar membawa keluarganya bersendagurau di sekitar pantai.

Saat ini, di sekitar kawasan Pasir Putih Kambang dilakukan pembangunan berbagai infrastruktur pascabanjir melanda daerah itu November 2011. Jalan nasional lintas barat Sumatera di lokasi itu dibangun dengan cor beton.

Begitu juga dengan bibir pantai sepanjang empat kilometer di lokasi Pasir Putih Kambang itu, dibangun "jetty" dan batu pengaman sehingga pantai setempat aman dari abrasi dan bahaya bencana lainnya yang datang dari laut.

Menurut ia, jalan nasional sepanjang 350 meter melintasi lokasi yang sedang dibangun tersebut, jika selesai direncanakan berfungsi sebagai jalur pariwisata. Jalan itu, hanya dibolehkan khusus untuk dilewati kendaraan pribadi, sedangkan kendaraan umum lainnya yang berukuran besar dialihkan menempuh jalan Lakuak-Padang Rubiah Kambang di sebelah jalan Pasir Putih.

Pada Februari 2013, pemkab merencanakan kawasan Pasir Putih Kambang sebagai lokasi pelatihan gabungan siaga bencana tingkat nasional. Peserta pelatihan direncanakan berasal dari berbagai daerah di pesisir pantai Indonesia atau daerah yang rawan tsunami.

"Kita berharap dari pelatihan itu selain dapat menambah ilmu bagi peserta pelatihan di kabupaten ini, juga menjadi ajang promosi bagi daerah ini," katanya.

Kawasan yang direncanakan sebagai obyek wisata pantai itu, sesuai dengan namanya, Pasir Putih, katanya, selain memiliki pantai yang landai dan panjang, pasirnya juga putih sehingga memancarkan keindahan yang tidak membosankan pengunjung.

Pasir Putih Kambang sangat strategis sebagai obyek wisata, di samping letaknya dekat dengan jalan negara, keindahannya juga tidak kalah dengan obyek wisata lainnya tingkat nasional. Kawasan itu, katanya, hanya tinggal pengembangan untuk dijadikan sebagai objek wisata bernilai jual tinggi. 

 


Editor : kadek
Sumber: